Karpet Masjid Ini Dirajut Oleh 1.200 Wanita

Abu Dhabi, Kahaba. Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, selain terkenal sebagai negeri yang kaya raya akan sumber minyaknya yang melimpah, juga memiliki bangunan yang sangat luar biasa.

Masjid Raya ABu Dhabi,Uni Emirat Arab

Salah satu bangunan tersebut adalah Masjid Raya Abu Dhabi, yang dikabarkan masuk dalam kelompok masjid-masjid terbesar di dunia. Luas bangunan bagian dalamnya mencapai 6.000 meter persegi. Masjid masih memiliki bagian luar yang terbuka. Masjid itu memiliki 82 kubah, dari berbagai ukuran, dengan empat menara.

Sebagaimana dilansir pada kompas.com, karpet masjid ini merupakan buatan tangan (handmade) yang dikerjakan oleh 1.200 perempuan Iran. “Karpet ini dikerjakan di Iran, tetapi diselesaikan di Abu Dhabi. Perempuan-perempuan Iran itu dibawa ke Abu Dhabi untuk menyelesaikannya,” jelas Tito, pemandu dari Sharaftours Dubai, pada Jum’at (14/9).

Karpet itu tanpa sambungan dan dikerjakan selama dua tahun. Masjid ini dihiasi dengan lampu gantung yang berlapiskan emas dan kristal Swarovksi. Dan marmernya berasal dari Italia.

Masjid menjadi tujuan para pelancong yang datang ke Abu Dhabi. Setiap hari ada pengunjung mendatangi masjid itu. Siapa saja boleh melihat-lihat interior masjid yang dibangun tahun 1996 itu. Hanya saja, ada aturannya. Para pengunjung diwajibkan untuk menggunakan pakaian yang sopan, baik lelaki maupun perempuan. Tidak boleh mengenakan kaos tanpa lengan dan celana pendek, bahkan untuk perempuan memakai abaya (baju panjang hitam). Namun tak perlu khawatir, karena sudah disiapkan pengelola masjid sebelum memasuki areal masjid. [Kompas/DH]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *