Daftar 13 Klub Sepakbola Dengan Jumlah Fans Terbanyak

Berlin, Kahaba.- Sepakbola telah lama menjadi olahraga paling diminati di dunia. Setiap penyelenggaraan piala dunia maupun liga liga utama eropa seperti liga Inggris, Italy, Spanyol maupun Jerman selalu menyedot perhatian massif. Popularitas sepakbola menjadi tren yang tampaknya tak akan lekang oleh zaman. Sejumlah pemain bintang terkenal dan klub-klub besar sangat ramai dibicarakan oleh kalangan muda maupun tua.

Cules, sebutan untuk fans klub Barcelona merupakan fans dengan jumlah paling banyak kedua setelah MU

Berikut ini adalah daftar sejumlah klub sepakbola paling popular di dunia. Jumlah penggemar (fans) tentu saja menjadi rujukan dasarnya. Sebuah penelitian dari perusahaan Sport+Markt asal Jerman merilis daftar klub yang paling didukung di dunia. Meskipun hasil penelitian ini dirilis oktober 2011 namun survey ini cukup kredibel hingga sekarang. Hasil riset ini sekaligus memuat prediksi jumlah fans untuk tahun 2012 hingga 2013. Sport+Markt mengambil sampel 1000 orang dari 34 negara.

Hasilnya adalah 13 klub elit eropa yang memang sudah terkenal dimata pencinta bola. Manchester United ternyata tampil sebagai klub paling di dukung didunia, dengan jumlah fans 354 juta orang. Ditempat kedua adalah raksasa asal catalan, spanyol, Barcelona (270 juta) yang unggul atas rival abadinya, real Madrid di tempat ketiga (174 juta). Sementara itu duo Milan yakni Inter Milan dan AC Milan berhasil masuk dalam jajaran 10 besar. Adapaun klub kaya baru, Manchester City bercokol di posisi 11 dengan jumlah fans 18 juta.

Berikut ini daftar lengkap 13 klub terpopuler dunia:

  1. Manchester united (sekitar 354 juta fans)
  2. Barcelona sekitar 270 juta fans)
  3. Real Madrid (sekitar 174 juta fans)
  4. Chelsea (sekitar 135 juta fans)
  5. Arsenal (sekitar 113 juta fans)
  6. AC Milan (sekitar 99 juta fans)
  7. Liverpool (sekitar 71 juta fans)
  8. Inter Milan (sekitar 49 juta fans)
  9. Bayern Muenchen (sekitar 24 juta fans)
  10. Juventus (sekitar 20 juta fans)
  11. Manchester City (sekitar 18 juta fans)
  12. Totenham Hotspurs (sekitar 11 juta fans)
  13. Newcastle United (sekitar 6 juta fans)

Perlu diingat bahwa faktor prestasi, sejarah, daerah asal klub, media, dan kehadiran pemain-pemain bintang juga ikut menentukan popularitas dan kecintaan akan klub. Misalnya Liverpool. Meskipun hanya menjadi juara Liga Champion 2005 dan melempem dalam 7 atau 8 tahun terakhir, fans Liverpool tetap banyak mengingat sejarah dan tradisi juaranya yang sangat lama di inggris.

Kasus Manchester City pun agak mirip. Rival MU ini harus puasa gelar juara selama hampir 50 tahun sebelum menjadi kampiun liga inggris musim 2011-2012 lalu. namun ekspose media dan kekuatan finansialnya yang dahsyat ternyata cukup signifikan mendongkrak jumlah fansnya.[talksport/sport+markt/AA]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *