Gala Siswa Dimulai Bulan April

Kota Bima, Kahaba.- Turnamen sepakbola tingkat SMP, atau biasa di sebut Liga Siswa (Gala) mulai digelar April depan. Gala Siswa digelar oleh Dinas Dikbud Kota Bima bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, KONI dan PSSI.

Ilustrasi

Kepala Dinas Dikbud H Alwi Yasin menuturkan, pendaftaran turnamen tersebut sudah resmi mulai dibuka secara online. Perwakilan sekolah menengah pertama sudah bisa mendaftar, karena akhir bulan Maret pendaftaran ditutup.

“Bagi sekolah yang mau mendaftar, bisa langsung mengakses ke website resmi ditpsmp.kemendikbud.go.id/pesertadidik/galasiswaindonesia/. Waktu penutupan pendaftaran sampai dengan 31 Maret 2018,” sebutnya, Selasa (21/3).

Alwi menjelaskan, pendaftaran turnamen Gala Siswa tersebut tidak memungut biaya. Penyelenggaraannya juga diminta pemerintah pusat bisa berjalan dengan penuh sportifitas.

“Lomba ini murni untuk mencari bibit pelajar yang berkualitas, agar dapat bersaing dengan pelajar daerah lain,” katanya.

Mantan Sekretaris Dikbud itu menuturkan, bagi sekolah yang menjadi pemenang tingkat Kota Bima. Selanjutnya dapat berlaga di putaran tingkat Provinsi NTB, kemudian bagi pemenang tingkat provinsi bisa berlanjut ke tingkat Nasional.

Ia menjelaskan, untuk keterwakilan daerah di tingkat provinsi dan nasional terdapat perbedaan aturan. Bagi sekolah yang menjadi juara pertama, tidak sepenuhnya siswa dalam tim itu diambil, namun akan diambil juga juga dari tim peringkat dua dan seterusnya.

“Itu dilakukan agar tim yang mewakili daerah solid dan kuat dalam berbagai posisi. Apalagi kegiatan tersebut untuk persiapan penjaringan atlet sepakbola U-19,” tandasnya.

Alwi menambahkan, bagi pelajar yang terpilih menjadi tim mewakili daerah nanti. Terlebih dahulu akan menjalani pemusatan latihan (training center), agar fisik, mental dan taktik terasah.

“Pembina sepakbola telah kami siapkan, yang terdiri dari jajaran Dinas Dikbu, KONI dan PSSI,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *