oleh

KPU Sortir Logistik Pemilukada

-Kabar Bima-401 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Seminggu menjelang pelaksanaan Pemilukada Pemilihan Gubernur NTB dan Walikota Bima, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima mulai melakukan penyortiran logistik pemilukada. Perlengkapan TPS  termasuk seragam petugas serta kotak dan surat suara itu  secara bertahap didatangkan dari rekanan yang ditunjuk di Kota Mataram sejak tanggal 18 April lalu.

Ilustrasi
Ilustrasi

Ketua KPU Kota Bima, Dra. Nurfarhaty, MSi saat ditemui di ruangannya mengatakan pihaknya belum mengetahui kekurangan logistik, namun KPU Kota Bima masih terus berkomunikasi dengan perusahaan pengadaan untuk melapor kekurangan yang dimaksud. “Hingga hari ini kami masih terus menyortir semua logistik, sehingga cepat mengetahui kekurangan untuk dilaporkan,” ujarnya, Senin kemarin.

Kata dia, untuk surat suara, menurut ketentuan karena DPT Kota Bima sebanyak 104,483 ditambah dengan 2,5 persen dari jumlah DPT, maka surat suara yang didatangkan sebanyak 107,095 lembar. “Sekarang pun surat suara masih terus di sortir. Kami belum mengetahui berapa jumlah yang rusak,” katanya.

Ia mengaku, pengiriman logistik dipaket dalam kardus dan tidak menyebutkan berapa jumlah. Untuk memastikan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan Pemilukada Kota Bima, maka pihaknya harus menyortir. Guna mengetahui kerusakan dan kekurangannya. “Untuk pengadaan ini tidak sepenuhnya didanai oleh KPU Kota Bima, tapi ada sebagian juga yang didanai oleh KPU Provinsi NTB,” tukasnya.

Dia menambahkan, tiga hari sebelum pelaksanaan pencoblosan, pihaknya sudah mendistribusikan semua logistik di setiap TPS. Tentu, pendistribusiannya nanti harus berkoordinasi dengan pemerintah Kota Bima, untuk menyediakan tempat penyimpanan dan menjamin keamanannya. [BK]

Komentar

Kabar Terbaru