Kabar Bima

Lomba Panjat Pinang Paruga, Sederhana Tapi Meriah

321
×

Lomba Panjat Pinang Paruga, Sederhana Tapi Meriah

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Lomba panjat pinang yang digelar Komunitas Bara (Kobar), Sabtu sore, 17 Agustus 2013 terlihat sederhana namun meriah. Dua batang pohon pinang yang dilumuri oli menjadi rebutan para peserta yang berlomba mengambil hadiah di atas puncak pohon pinang.

Lpmba Panjat Pinang di Kelurahan Paruga, Sabtu, 17 Agustus 2013. Foto: Agus
Lpmba Panjat Pinang di Kelurahan Paruga, Sabtu, 17 Agustus 2013. Foto: Agus

Seorang warga Kampung Bara, Ahmad Yasin, SE (35) kepada Kahaba mengungkapkan, kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi atas kemerdekaan bangsa yang sudah 68 tahun merdeka. Menurutnya pula, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan keakraban dan kekompakan dalam hidup bermasyarakat khusunya di lingkungan bara Kelurahan Paruga Kota Bima.

Lomba Panjat Pinang Paruga, Sederhana Tapi Meriah - Kabar Harian Bima

Kata Ahmad, strategi mencapai hadiah di atas pangkal pinang adalah kekombakan, bukan saling berebut. “Kalau tidak kompak, tentu tidak akan mungkin mengambil hadiah di atas pinang. Kekompakkan itu kunci menggapai hadiah di atas pohon pinang itu,” ujarnya.

Dari pantauan Kahaba di lokasi lomba, belasan kali kelompok pemuda dan anak-anak mencoba memanjat hingga pangkal pinang. Namun licinnya oli, tak kunjung membuat kesuksesan para pemanjat. Terlihat pula antusiassme warga kelurahan paruga khususnya warga RW 04 yang menonton lomba itu.

Lanjut Ahmad, kegiatan itu terlaksana atas dukungan segenap warga RW 04 dan para sponsor badan usaha yang ada di lingkungan kelurahan Paruga.

“Di atas puncak pinang, panitia telah siapkan sederet hadiah seperti uang tunai, perkakas rumah tangga dan lain-lain,” tuturnya. [BM]