Kabar Bima

Produksi Tahu-Tempe di Kota Bima Normal

459
×

Produksi Tahu-Tempe di Kota Bima Normal

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba. – Ketersediaan tahu dan tempe di Kota Bima masih dalam skala aman. Meski diberbagai daerah harga kedelai meroket tajam, namun produksi tahu dan tempe di Kota Bima tidak terpengaruh. “Untuk produksi tahu dan tempe pasca-kenaikan harga kedelai di Kota Bima masih aman,” kata Kepala Bidang Perindustrian, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Bima, A. Haris, SE.

tahu-tempe1Alasannya, menurut dia, karena pengusaha tahu dan tempe di Kota Bima masih menggunakan bahan baku kedelai lokal. “Artinya tidak berimbas terhadap kenaikan komiditi kedelai seperti daerah lain,” timpalnya.

Produksi Tahu-Tempe di Kota Bima Normal - Kabar Harian Bima

Menurut Haris, sejumlah daerah lain ‘terpukul’ produksi tahu dan tempenya, karena para pengusahanya lebih bergantung pada bahan baku  (kedelai) import. Saat kedelai impor naik, para pengusaha nyaris tak dapat memproduksi tahu dan tempe. “Sementara di Kota Bima para pengusaha tahu dan tempe tetap menggunakan bahan baku kedelai lokal, yang stoknya masih normal,” jelasnya.

“Dengan demikian, proses produksinya masih dapat terus berjalan untuk memenuhi kebutuhan pasar,” sambung Haris menambahkan. [BS]