Kabar Bima

Pramuka, Evaluasi Karakter Bela Negara Melalui Kemah

246
×

Pramuka, Evaluasi Karakter Bela Negara Melalui Kemah

Sebarkan artikel ini

Kota Bima Kahaba.- Untuk mengevaluasi pembentukan karakter bela negara terhadap diri siswa Praja Muda Karana (Pramuka) tingkat SMP dan SMA, Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bima menggelar kemah akbar. Kegiatan memperingati Hari Pramuka ke-52 itu, dilaksanakan di Sori Kalampa Kelurahan Melayu, Kecamatan Asakota Kota Bima, Sabtu (21/9).

pramuka2
ilustrasi

Ditemui Kahaba, Sabtu (21/09/13), Sekretaris Kwarcab Kota Bima, Yun Kamaruddin, menjelaskan, kemah akbar melibatkan sekitar 400 Pramuka dari sejumlah gugus. Kemah akbar manjadi ajang evaluasi kemampuan bagi para perwakilan pelajar tiap sekolah, yang sebelumnya telah dilatih di sekolah masing-masing.

Pramuka, Evaluasi Karakter Bela Negara Melalui Kemah - Kabar Harian Bima

Ada berbagai macam evaluasi yang akan dilakukan Kwarcab Kota Bima. Seperti keterampilan tali-temali, membangun tenda, memasak dan lainya. “Melalui kemah seperti ini, mereka dapat dibentuk karakter kebangsaannya, sesuai amanat kurikulum 2013. Kami ingin mengetahui sejauh mana kemampuan siswa untuk mandiri,” kata Yun.

Hasil evaluasi, lanjut dia, Kwarcab akan berkoordinasi dengan pelatih Pramuka tiap sekolah. Substansinya, untuk menyampaikan kekurangan dan kelemahan dari siswa utusan. Hasil evaluasi itu juga, akan menjadi bahan refrensi untuk mengetahui sejauh mana kekurangan dan kelemahan dalam penyampain materi pramuka pada siswa. “Harapan kami, para pembina dapat membenahi kekurangan yang dimiliki para siswa,” ujarnya.

Yun menambahkan, ajang kemah akbar juga akan digelar pelatiahan dan pembinaan pada siswa. Seperti pemberian materi bela negara, agama, dan lainya. Selain itu, para pelajar akan dibina tentang bertahan hidup dalam keadaan serba kekurangan seperti ini. [BK]