oleh

Benahi Kelembagaan, Pemkab Gelar Sosialisasi Penataan Organisasi

-Kabar Bima-183 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pentingnya penataan kelembagaan organisasi pemerintah daerah (OPD) di lingkungan Kabupaten Bima menjadi salah satu agenda penting pembangunan bidang aparatur. Untuk mewujudkan harapan ini, Pemkab Bima menggelar Sosialisasi Pedoman dan Informasi Penataan Organisasi Perangkat Daerah. Sosialisasi ini dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bima, Drs. H. Abdul Wahab Sabtu, (19/10/13) di Aula Kantor Bupati Bima.

Pemerintah Kabupaten Bima gelar sosialisasi  penataan organisasi. Foto: HUM
Pemerintah Kabupaten Bima gelar sosialisasi penataan organisasi. Foto: HUM

Pada kegiatan yang menghadirkan para Kasubag Umum dan Kepegawaian serta Kasubag Program dan Pelaporan dari 38 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ini, Panitia pelaksana, Kabag OPA, M. Antonuis, S.STP dalam paparannya mengatakan kelemahan pengelolaan administrasi seperti belum meratanya pembagian tugas staf pada sejumlah SKPD.

“Sebagian besar instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Bima masih terdapat manajemen “tukang cukur,” katanya. Untuk itu, Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) tidak tergambarkan dengan jelas. Jelas Antonius, Seorang pemimpin pada SKPD hanya menberikan Tupoksi pada salah satu orang. Ini menjadikan pekerjaan tidak dilaksanakan secara struktur dan sistematik.

“Hal itu tidak bisa dipungkiri, namun ke depan Pemerintah Daerah Kabupaten Bima melalui Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur (OPA) Setda akan terus berupaya menata Organisasi Perangkat daerah untuk mendapatkan kapabilitas dan mengangkat harkat serta martabat pemerintah daerah,” tandas mantan Camat Bolo ini.

Plt. Sekda Drs. H. Abdul Wahab dalam amanatnya mengatakan pentingnya penataan kelembagaan pemerintah daerah untuk menjamin efektifitas dan optimalisasi tugas-tugas pemerintah. “Tujuan sosialisasi ini adalah untuk lebih memberikan arahankepada Kasubag Program agar lebih menata Tupoksi ke arah yang lebih baik,” terangnya.

Wahab mengakhiri, untuk inilah peserta diharapkan mengikuti sosialisasi hingga tuntas agara mendapatkan pemahaman menyeluruh terhadap penataan kelembagaan di masing-masing unit kerja. [BM/HUM]

Komentar

Kabar Terbaru