Kabar Bima

Ribuan Ternak Terjebak di Sangeang Pulau

238
×

Ribuan Ternak Terjebak di Sangeang Pulau

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.-Karena suasana panik setelah semburan debu vulkanik Gunung Sangeang Api, warga yang tinggal di Sangeang Pulau tidak sempat menyelamatkan ribuan ternak yang dilepas berkeliaran.

Ilustrasi
Ilustrasi

Diperkirakan, ribuan ternak Sapi dan Kerbau milik warga Desa Sangeang Pulau dan Desa sekitarnya sampai saat ini tidak jelas keberadaannya di areal pulau.

Ribuan Ternak Terjebak di Sangeang Pulau - Kabar Harian Bima

Sejumlah warga mengaku jika semua ternak mati, maka mereka bisa rugi miliaran rupiah. ”Mau bagaimana lagi, tidak mungkin kami harus kembali menyelamatkan ternak,” ujar warga Desa Sangeang Pulau, H. Maskar pada kahaba.net, Sabtu (31/6).

Ditemui di Kantor pengamatan Gunung Api Sangeang, ia mengaku hanya bisa pasrah dengan kondisi ternak ditengah semburan debu gunung.

“Tidak saja milik saya, juga ternak yang dilepas liar oleh warga di dalam pulau jumlahnya mencapai ribuan. Karena satu orang warga, bisa memiliki Sapi dan Kerbau sebanyak ratusan ekor,” sebutnya.

Yang ia khawatirkan, ternaknya mati bukan karena awan panas atau lahar dari gunung. Tapi biasanya, disebabkan ternak yang panik dan jatuh ke dalam jurang. Ditambah lagi awan tebal mengganggu penglihat ternak untuk menemukan sumber mata air,” tambahnya.

*DEDY