Kabar Bima

Partisipasi Pemilih Kota Bima di Pilpres Sebanyak 74,55 Persen

230
×

Partisipasi Pemilih Kota Bima di Pilpres Sebanyak 74,55 Persen

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Target jumlah masyarakat Kota Bima yang memberikan hak suaranya pada Pilpres tahun 2014 jauh dari yang diharapkan. Karena pada pesta demokrasi pemilihan Kepala Negara itu, partisipasi pemilih Kota Bima hanya 74,55 persen.

Ketua KPU Kota Bima, Bukhari. Foto: Bin
Ketua KPU Kota Bima, Bukhari. Foto: Bin

Ketua KPU Kota Bima, Bukhari mengaku setelah proses rekapitulasi di tingkat KPU, jumlah suara sah tercatat sedikit dari yang ditargetkan.

Partisipasi Pemilih Kota Bima di Pilpres Sebanyak 74,55 Persen - Kabar Harian Bima

“Kita awalnya menargetkan partisipasi pemilih sebanyak 90 persen dari Jumlah DPT sebanyak 104.350. Namun realitasnya hanya 74,55 persen,” ujarnya, Rabu (16/7).

Sementa untuk suara tidak sah, ia mengaku sebanyak 398. “Ini kurang dari target, target sebelumnya jauh lebih besar dari Pileg,” katanya.

Menurut Bukhari, dengan melihat sederhananya pelaksanaan Pilpres, dibanding Pileg, namun pelaksanaannya ditemui banyak Pemilih yang masuk DPT, tapi tidak memilih.

“Selain pemilih ada namun tidak menggunakan hak pilihnya, ditemukan banyak juga pemilih yang sudah tidak ada di Kota Bima,” ungkapnya.

Padahal pihaknya sudah massif melakukan sosialisasi hingga ditingkat bawah. Mengajak masyarakat untuk terlibat dan memberikan hak suaranya, namun kesadaran masyarakat belum bisa digugah sepenuhnya.

*BIN