Kabar Bima

Tes CPNS 2014 Gunakan Sistem Berbasis Komputer

247
×

Tes CPNS 2014 Gunakan Sistem Berbasis Komputer

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sistem penjaringan Calon Pegawai Neger Sipil (CPNS) tahun ini, berbeda dari sebelumnya. Rencananya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan menggunakan atau menggunakan sistem berbasis komputer atau sistem Computer Assisted Test (CAT).

Ilustrasi. Sumber: www.padangekspres.co.id
Ilustrasi. Sumber: www.padangekspres.co.id

Menurut Sekretaris BKD Kota Bima, Drs. Abdul Wahid, tes kali ini tidak lagi menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK), tapi dengan sistem CAT. “Ini pertama kali digunakan dalam tes CPNS,” ujarnya.

Tes CPNS 2014 Gunakan Sistem Berbasis Komputer - Kabar Harian Bima

Menurut Wahid, dengan sistem CAT peserta tes akan melakukan registrasi identitas dan mengerjakan soal secara online. Bahkan, mereka bisa segera mengetahui hasil tes secara online pula. “Pengumuman akan dilakukan secara terbuka, berikut dengan nilai hasil tes yang diperoleh masing-masing peserta,” jelasnya.

Tentu, pelaksanaan tes lebih transparan dan bisa dikontrol semua pihak. Tidak hanya itu, pengawasan pelaksanaan tes rencananya akan dibantu dengan Closed-Circuit Television (CCTV) yang dipasang di dalam ruangan.

“Dengan cara seperti ini saya rasa dapat mencegah terjadinya kecurangan selama tes. Misalnya menyontek atau menukar jawaban melalui telepon seluler,” terangnya.

Wahid menambahkan, pelaksanaan tes dengan menggunakan CAT memiliki sejumlah keunggulan. Diantaranya, peserta tes dapat mendaftarkan diri melalui internet, hasil ujian bisa langsung diketahui setelah ujian selesai, dan penilaian dilakukan secara obyektif.

Sistem itu juga bisa membantu pemerintah dalam menciptakan standarisasi hasil ujian dan mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian.

*ERDE