Kabar Bima

2014, Anak Dominasi Kasus Pidana

256
×

2014, Anak Dominasi Kasus Pidana

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Tercatat hingga Agustus Tahun 2014, kasus Pidana di Bima seperti pemerkosaan, pencabulan, curanmor, narkoba sebagian besarnya didominasi anak dibawah umur.

Kasi Pidum Kejari Raba Bima I. Gusti Ngurah Agung Peger, SH, MH. Foto: Bin
Kasi Pidum Kejari Raba Bima I. Gusti Ngurah Agung Puger, SH, MH. Foto: Bin

”Dibandingkan Tahun 2013, kasus pidana yang menyeret anak lebih banyak di Tahun 2014,” ujar Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri Raba Bima I. Gusti Ngurah Agung Puger, SH MH Jum’at (19/9).

2014, Anak Dominasi Kasus Pidana - Kabar Harian Bima

Penyebab dasar keterlibatan anak dalam sejumlah kasus pidana, masih menjadi tanda tanya. Sebab, setiap tahun kasus yang melibatkan anak di Bima mencapai 75%.

“Tentu, anak dikenakan Pasal yang berbeda sesuai dengan kasus yang dilakukan maupun peran apa yang dilakukannya,” ungkapnya.

Puger mengaku, sebagian besar kasus pidana anak telah divonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Raba Bima. Sebagiannya lagi, tengah diproses dan diharapkan selesai akhir Tahun 2014.

Proses kasus pidana anak, pihaknya harus betul-betul menelaah dasar sehingga anak melakukan hal demikian. “Keterlibatan anak dalam sejumlah kasus pidana di Bima, sangat unik dan terkesan tidak biasa terjadi. Ini yang masih kita dalami,” tambahnya.

*Teta