Kabar Bima

Korban Keracunan Bertambah 120 Orang

240
×

Korban Keracunan Bertambah 120 Orang

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Jumlah warga Dusun Mangge Kompo Desa Kala Kecamatan Donggo Kabupaten Bima kian bertambah. Jika sebelumnya hanya 21 orang (Baca. Makan Dihajatan, Warga Kala Donggo Keracunan), kini bertambah menjadi 120 orang.

Korban Keracunan saat dirawat. Foto: Hum
Korban Keracunan saat dirawat. Foto: Hum

Menurut pengakuan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Drs. Hefdin Umar, APT, berdasarkan pantauannya di Puskesmas Donggo, data korban keracunan makin bertambah. Bahkan, Puskesmas sudah tidak bisa menampung pasien lebih banyak.

Korban Keracunan Bertambah 120 Orang - Kabar Harian Bima

“Sekarang sudah mencapai 120 orang. Karena banyak, pasien di Puskesmas Donggo bahkan dirawat diteras Puskesmas setempat. Tiga orang yang tergolong parah, dirujuk ke RSUD Bima,” ujarnya, Selasa (23/9).

Tidak hanya di Puskesmas Donggo, kata dia, warga juga sebagian dirawat di Puskesmas Soromandi. Kini, kondisi warga sebagian membaik, bahkan ada yang bisa pulang ke rumah.

“Dari jumlah korban, 16 orang anak-anak, dewasa dan orang tua. Bahkan ada dua orang ibu hamil, namun kondisinya tidak menganggu kehamilan,” kata Hefdin meyakinkan.

Penanganan pemerintah, diakuinya, sejak mendengar laporan warga keracunan, pihaknya bersama Bupati Bima langsung turun meninjau. Saat itu juga dokter dan perawat diminta untuk terus memberikan pelayanan terbaik.

“Tim dan logistik sudah gerak cepat membawa obat dan kebutuhan lain. Setiap satu jam, kita laporkan perkembangannya ke bagian Humas Pemerintah. Bupati Bima juga telah meminta kepada warga untuk bersabar,” katanya.

*Bin