Kabar Bima

Festival Kopi Tambora Siap Digelar

252
×

Festival Kopi Tambora Siap Digelar

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Festival Kopi Tambora akan segera digelar. Direncanakan, agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan itu dihelat selama tiga hari, mulai tanggal 17 Oktober – 19 Oktober 2014 mendatang.

Kopi Tambora
Kopi Tambora

Kabid Pengembangan Kepariwisataan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bima, H. Muslih mengaku kegiatan itu sudah siap dilaksanakan, tinggal menunggu waktu pelaksanaannya saja. “Event di laksanakan di Pesanggrahan Tambora, Desa Oi Bura Kecamatan Tambora,” ujarnya, Selasa (7/10).

Festival Kopi Tambora Siap Digelar - Kabar Harian Bima

Untuk agenda kegiatannya, ia menyebutkan, selain mempromosikan jenis kopi, mulai penggorengannya sampai diseduh, yang dinilai oleh juri, juga ada pertunjukan kesenian rakyat tiga etnis yakni Bima Sumbawa Lombok.

“Kopi Tambora itu namanya Rebusta dan Luwak Tambora, yang sudah dibungkus dan dijual. Keberadaannya sudah dikenal hampir diseluruh daerah,” katanya.

Kabid Pengembangan Kepariwisataan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bima, H. Muslih. Foto: Bin
Kabid Pengembangan Kepariwisataan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bima, H. Muslih. Foto: Bin

Selama ini, H. Muslih mengakui, Kopi Tambora selalu dipromosi tiap kali ada pameran di daerah lain. Hasilnya, tetap laku dan banyak diminati. Setelah itu, banyak juga yang kembali pesan untuk dikonsumsi.

Ia menambahkan, kebun tempat budidaya kopi berada di lahan milik Pemerintah Kabupaten Bima dan dikelola oleh masyarakat. “Saat festival nanti, masyarakat dilibatkan semua,” tambahnya.

*Bin