Kabar Bima

Tramadon Beredar Bebas, Mahasiswa Seruduk Dikes

783
×

Tramadon Beredar Bebas, Mahasiswa Seruduk Dikes

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Obat Tramadon tak sulit didapatkan di Apotek Kota Bima. Padahal, membeli obat keras itu harus disertai dengan resep dokter. Mudahnya dijual oleh Apotek, justru menjadi kekhawatiran tersendiri bagi kalangan Mahasiswa.

Ilustrasi
Ilustrasi

Menyoal itu, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Kampus II STKIP Bima menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima.

Tramadon Beredar Bebas, Mahasiswa Seruduk Dikes - Kabar Harian Bima

Mereka meminta agar Dikes mengeluarkan rekomendasi, guna melakukan peninjauan ulang terhadap Apotek.

Koordinator Aksi, Slamet Sudarsono menyebutkan obat Tramadon saat ini bebas di jual Apotek. Tidak hanya kalangan dewasa, bahkan siswa pun bisa membeli tanpa resep dokter.

Padahal, keberadaan obat ini bisa disalahgunakan oleh siswa yang digunakan sebagai obat penenang. Untuk itu, dia dan teman-temannya meminta agar Dikes Kota Bima mengeluarkan rekomendasi untuk meninjau kembali keberadaan apotek yang menjual bebas obat tersebut secara ilegal.

Sebab, dengan menjual bebas, berarti Apotek maupun Dikes telah melakukan pembiusan dalam arti umum. “Masyarakat sudah dibodohi, masyarakat sudah dibius oleh Dikes,” sorotnya.

Pihaknya juga meminta agar Dikes mengeluarkan peraturan, jika obat Tramadon tidak dijual secara bebas oleh seluruh Apotek. Jika masalah ini tidak diselesaikan, dia dan rekan-rekannya pun mengancam akan melakukan aksi yang lebih besar.

Sementara itu Sekretaris Dikes, Ahmad S.sos yang dikonfirmasi menerangkan sesuai dengan PP 51 Tahun 2009 tentang kefarmasian bahwa segala sesuatu aktufitas yang dilakukan di Apotek menjadi tanggungjawab apotek dan pemilik usaha.

Sementara sesuai Kepmenkes Nomor 132 tahun 2002 tentang tata cara dan pemberian izin, pihak Dikes hanya memberikan pengawasan terhadap apotek sesuai rekomendasi yang diberikan oleh Balai POM.

Namun lebih jauh dijelaskannya, Tramadon merupakan obat analgesic atau penghilang rasa sakit sama dengan antalgin atau asamenamat. “Tapi Tramadon ini lebih spesifik untuk pasien yang telah selesai dioperasi,” tandasnya.

*Bin