Kabar Bima

Bupati Bima Buka Pelatihan Ketenagakerjaan

250
×

Bupati Bima Buka Pelatihan Ketenagakerjaan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebanyak 128 orang peserta yang berasal dari 18 Kecamatan se-Kabupaten Bima, Selasa (7/4), mengikuti pelatihan kapasitas program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja yang dibagi dalam delapan paket kegiatan.

Bupati Bima, Drs. H.Syafrudin HM.Nur.M.Pd saat penyematan tanda peserta. Foto: Hum
Bupati Bima, Drs. H.Syafrudin HM.Nur.M.Pd saat penyematan tanda peserta. Foto: Hum

Bupati Bima Drs. H. Syafrudin HM Nur MPd ketika membuka secara resmi pelatihan yang digelar di LLK Jatiwangi Kota Bima dalam arahan mengatakan, pelatihan peningkatan kualitas dan produktivitas para tenaga kerja ini penting, guna meningkatkan kompetensi dan keterampilan para pencari kerja yang rata-rata berusia produktif, agar dapat bersaing dengan pencari kerja lainnya.

Bupati Bima Buka Pelatihan Ketenagakerjaan - Kabar Harian Bima

Pada acara yang dihadiri Asisten Administrasi Umum Setda H. Makruf, SE, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan para Kabid, Bupati mengatakan, kedepan para peserta pelatihan diharapkan membuka lapangan kerja di lingkungan masing-masing sesuai keterampilan yang digeluti .

“Harapannya, para peserta yang mendapatkan kesempatan ini dapat memanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kerja,” harapnya melalui siaran pers yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, M. Chandra Kusuma AP.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima Drs. Ishaka dalam laporan mengungkapkan, pelatihan berlangsung selama satu bulan atau 240 jam belajar di bengkel UPT. LLK Bima.

Cakupan pelatihan terdiri dari pelatihan terdiri dari delapan paket kegiatan dari enam kejuruan. Paket tersebut adalah satu paket Las Listrik, dua paket pelatihan kejuruan sepeda motor, dua paket pelatihan kejuruan menjahit, satu paket pelatihan kejuruan prosesing makanan, satu paket pelatihan kejuruan tekhnisi handphone dan satu paket pelatihan kejuruan Tekhnisi Komputer.

“Setiap paket kejuruan terdiri dari 16 peserta yang berasal dari 18 Kecamatan, sehingga jumlah keseluruhan peserta pelatihan sebanyak 128 orang,” sebutnya.

Sumber dana, lanjutnya, berasal DPA Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja dengan anggaran Rp 273,9 juta. Dana untuk dan kegiatan pengadaan peralatan bagi peserta senilai Rp 642,5 juta. Selama 30 hari peserta akan dibekali materi penunjang, materi inti, materi evaluasi akhir kegiatan.

Mengingat terbatasnya sarana dan prasarana di UPT LLK Bima, pelatihan dibagi menjadi dua angkatan yaitu angkatan I berlangsung Selasa, 7 April 2015 sampai dengan 13 Mei 2015 dan angkatan II berlangsung tanggal 7, Mei 2015 sampai dengan 16 Juni 2015.

Usai pelatihan ini para peserta pelatihan akan mendapatkan sarana dan prasarana untuk membuka lapangan kerja mereka.

Pembukaan Pelatihan Kapasitas Program Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja oleh Bupati Bima ini ditandai dengan pemasangan tanda peserta kepada perwakilan dari masing – masing kejuruan.

*Bin/Hum