Kabar Bima

Abdullah: Kami Siap Kawal Pemilukada Bima

221
×

Abdullah: Kami Siap Kawal Pemilukada Bima

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Komposisi anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bima diisi orang-orang muda. Semangat yang dibawa untuk melakukan kerja-kerja pengawasan pun, tentu tidak diragukan lagi. Yang muda yang lebih memiliki integritas.

Ketua Panwaslu Kabupaten Bima Abdullah SH
Ketua Panwaslu Kabupaten Bima Abdullah SH

Abdullah SH, yang dipercaya untuk menakhodai lembaga pengawasan Pemilukada Kabupaten Bima itu mengaku akan melaksanakan amanah Negara ini untuk bekerja dengan baik, berpedoman pada aturan dan bertindak tegas apabila terbukti ada pelanggaran selama proses Pesta Lima Tahunan tersebut.

Abdullah: Kami Siap Kawal Pemilukada Bima - Kabar Harian Bima

“Kita siap mengawal Pemilukada tahun ini dengan maksimal. Kaki juga siap dikritik, tidak alergi dan tentu siap dikontrol,” ujarnya, Sabtu (18/4).
Pria yang biasa disapa Ebit itu menuturkan, formula yang akan diterapkan guna memaksimalkan pengawasan yakni meningkatkan koordinasi dan komunikasi pengawasan partisipatif. Seperti pada LSM, Pers dan OKP.

“Pelanggaran yang terjadi tidak bisa kami ketahui semua. Selain kami peroleh dari petugas pengawasan di tingkat Kecamatan dan Desa, kami juga perlu mendapatkan informasi itu dari LSM, OKP, Media dan seluruh lapisan masyarakat,” jelasnya.

Pemberian sanksi pun, sambungnya, jika memang ada masyarakat atau tim dari kontestan Pemilukada yang terbukti melanggar, tetap akan diberikan tindakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami tidak akan kompromi soal pemberian sanksi. Jika unsur unsur pelanggaran terpenuhi, tentu akan kita tindak,” tegasnya.

Menurut Mantan Aktivis IMM, Kerja kerja pengawasan bukan hal yang mudah. Perlu komitmen dan semangat tinggi untuk bisa maksimal berbuat. Dengan kewenangan yang sudah dimiliki, maka pengawasan akan semakin ditingkatkan dari Pemilu sebelumnya.

“Tahapan Pemilukada Kabupatem Bima sudah dimulai tanggal 16 April kemarin. Kita juga sudah mulai melakukan kerja kerja pengawasan. Jadi, jika ada bakal calon yang mulai curi star pun, tetap akan menjadi temuan dan pelanggaran,” tuturnya dan mengaku pihaknya juga akan mengeluarkan himbauan himbauan agar Bakal Calon bisa mengikuti tahapan tahapan sesuai aturan.

Pria yang berusia 34 Tahun itu menambahkan, sejak dilantik beberapa hari yang lalu, pihaknya tengah mempersiapkan sekretariat dan staf. Sementara dukungan anggaran dari pemerintah pun sudah ada dan sudah tertuang dalam APBD Tahun 2015.
*Bin