Kabar Bima

Asisten I Buka Sakola Karawi Expo 2015

235
×

Asisten I Buka Sakola Karawi Expo 2015

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Asisten I Setda Kota Bima Drs. M. Farid MSi membuka Sakola Karawi Expo Tahun 2015 yang diselenggarakan SMK Negeri 3 Kota Bima, Senin (20/4). Acara itu juga dihadiri Kepala Dinas Dikpora Kota Bima.

Asisten Setda Kota Bima, Drs. M. Farid M.Si
Asisten Setda Kota Bima, Drs. M. Farid M.Si

Kegiatan tersebut merupakan acara rutin tahunan SMKN 3 Kota Bima yang menampilkan berbagai hasil karya pelajar setempat.

Asisten I Buka Sakola Karawi Expo 2015 - Kabar Harian Bima

Farid dalam sambutannya menyampaikan, kebijakan pemerintah untuk memperkuat kualitas pendidikan kejuruan dan pelatihan merupakan kebijakan ekonomi dan sosial yang bersifat luas. Begitu pula dengan sistem pendidikan kejuruan Indonesia, merupakan investasi dalam pengembangan keterampilan profesi, karena pendidikan kejuruan memiliki potensi sumber daya manusia (SDM) yang cukup melimpah.

“Secara nasional, terdapat lebih dari 9.875 SMK Negeri dan Swasta dengan total jumlah pendaftar melebihi 1,79 juta siswa. Dengan memperhatikan hal tersebut, maka sistem pendidikan di SMK untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan ekonomi dan tenaga kerja menjadi prioritas,” ujarnya melalui siaran pers yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali, S. Sos.

Disampaikannya pula beberapa fakta-fakta terkait perkembangan industri, seperti pembangunan industri terhambat karena kurangnya tenaga kerja terampil, kurangnya relevansi kompetensi keahlian di SMK dengan kebutuhan industri. Sehingga salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan itu, diperlukan keterkaitan yang kuat dengan industri lokal.

“SMK dituntut untuk mampu menciptakan tenaga terampil dan memiliki daya saing yang tinggi, sehingga nanti mampu menciptakan lapangan usaha baru,” jelasnya.

Ia juga memuji kegiatan “Sakola Karawi Expo Tahun 2015” yang diadakan oleh SMKN 3 Kota Bima merupakan salah satu bentuk upaya keras mencetak lulusan yang terampil melalui berbagai programnya.

“Saya berharap dari kegiatan ini akan mampu dihasilkan lulusan SMK yang memiliki kemampuan berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja, paling tidak dalam skala kecil. Jika kita ingin memajukan daerah, maka tidak ada pilihan lain, kita harus mempersiapkan generasi muda kita sebagai tenaga ahli yang terampil, agar kelak dapat membangun industri yang berbasis potensi lokal,” harap.

Sementara itu, Kepala SMKN 3 Kota Bima, Sanusin, SPd MSi dalam laporannya mengatakan tahun ini EXPO mendapat dukungan dari banyak sponsor, antara lain Yamaha Cahaya Abadi Motor, PT. Pegadaian, Sun Life Finacial, PT. Telkom Indonesia, dan XL Center.

*Bin/Hum