Kabar Bima

Ayo Periksa di Labkesda Kota Bima

505
×

Ayo Periksa di Labkesda Kota Bima

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Maret Tahun 2015, Pemerintah Kota Bima meresmikan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda). Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTD) Kesehatan Kota Bima itu sudah memiliki sarana yang representatif itu siap melayani kebutuhan pemeriksaan warga setempat.

Petugas di Labkesda Kota Bima. Foto: Bin
Petugas di Labkesda Kota Bima. Foto: Bin

“Labkesda ini milik masyarakat. Ayo datang periksa di Labkesda Kota Bima,” ajak Kepala UPTD. Lapkesda Dikes Kota Bima, Eko Supriyanto, Senin (27/4).

Ayo Periksa di Labkesda Kota Bima - Kabar Harian Bima

Yang diperiksa, disebutkannya, seperti pemeriksaan minuman dan makanan, kimia klinik seperti yang berhubungan dengan penyakit, mikrobiologi, dan bahkan narkoba.

“Labkesda punya peralatan yang lengkap, dan bahkan ada yang baru. Untuk manajemennya, seperti SOP, masyarakat boleh memeriksa kesehatan tapi dengan surat. Untuk periksa sendiri, kita siapin surat. Sementara pasien rujukan, harus ada surat dari dokter yang bersangkutan,” jelasnya.

Mengenai biaya, kata dia, diatur berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) dan tidak terlalu membebani masyarakat. “Yang jelas lebih tarifnya murah dan terjangkau, dibawah tarif pemeriksaan di lembaga swasta,” katanya.

Dia menambahkan, untuk tenaga, terdiri dari sembilan tenaga tekhnik analis, yang sudah berpengalaman dan profesional.

“Keberadaan Labkesda ini tujuannya mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan penunjang kesehatan,” tambahnya.

*Bin