Kabar Bima

Anggota Dewan Banyak Malas, BK tak Bernyali

272
×

Anggota Dewan Banyak Malas, BK tak Bernyali

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Ketua Badan Kehormatan (BK) BK DPRD Kabupaten Bima, Samailah, SH mengakui tingkat kehadiran anggota DPRD Kabupaten Bima sangat minim. Dirinyapun mengakui, pihaknya belum bias berbuat banyak.

Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Bima, Samaila SH. Foto: Bin
Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Bima, Samaila SH. Foto: Bin

Apa pasal ?, padahal dirinya memiliki kewenangan untuk memberikan tindakan dan sanksi sebagai Polisi nya di lembaga Legislatif tersebut.

Anggota Dewan Banyak Malas, BK tak Bernyali - Kabar Harian Bima

Pantauan Kahaba, anggota Dewan Kabupaten Bima selama ini kerap tidak hadir saat rapat Paripurna dan rapat–rapat ditingkat Komisi, hanya pada Paripurna yang dihadiri Bupati saja tingkat kehadirannya terbilang tinggi.

Hal tersebut dibenarkan Samaila, selama ini memang tingkat kehadiran anggota DPRD sangat minim, namun dirinya enggan menyebutkan siapa saja wakil rakyat yang berperilaku malas tersebut. ”Ada, tapi saya tidak bisa sampaikan siapa mereka,” katanya.

Ditanya sejauh mana sikap BK? Samaila mengakui belum dapat menyikapi ini secara maksimal, namun dirinya berjanji akan segera memanggil oknum dewan untuk ditanyakan perilaku mereka.

Menurut dia, jika bicara aturan belum ada yang melanggar. Karena sesuai tatib dewan, bisa diberikan sanksi kalau berturut-turut tidak hadir dalam rapat Paripurna. Tapi selama ini belum ada yang tidak pernah hadir berturut-turut, hanya saja terkadang tidak hadir sampai lima kali kemudian hadir lagi. ”Kita BK juga tidak bisa berbuat banyak karena begitu aturannya,” tuturnya.

Dikatakan BK mandul, Samaila membantahnya. Karena BK tetap melakukan pengawasan terhadap tingkat disiplin dewan, hanya saja memang belum maksimal ditindaklanjuti.

*Abu