Kabar Bima

Siasati Kebutuhan Air, Bak Penampungan Harus Dibuat

223
×

Siasati Kebutuhan Air, Bak Penampungan Harus Dibuat

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Menyiasati kebutuhan air bersih bagi warga saat musim kemarau ini, Pemerintah Kota Bima disarankan untuk segera membuat bak penampungan. Utamanya di Kelurahan yang terkena dampak kekeringan.

ilustrasi
ilustrasi

Tujuannya, agar saat distribusi air oleh dinas tehnis di kelurahan, masyarakat tidak menumpuk menunggu kedatangan mobil tangki. “Pemerintah harus menyediakan bak penampung besar yang cukup untuk menampung air. Bak besar disesuaikan dengan jumlah penduduk yang ada, minimal dua,” saran Anggota DPRD Kota Bima, Najamudin, Selasa (2/9) pagi.

Siasati Kebutuhan Air, Bak Penampungan Harus Dibuat - Kabar Harian Bima

Menurut Politisi PKPI ini, harus ada langkah cerdas yang perlu dilakukan pemerintah, karena dampak kekeringan saat musim kemarau rutin terjadi. Selain membuat bak penampungan, rencana penaggulangan jangka panjang juga harus disusun agar bisa memenuhi hajat hidup orang banyak.

“Karena air ini kebutuhan utama, upaya ini sudah sangat positif. Tapi kalau bisa distribusi air sudah tidak dilakukan lagi, pemerintah harus membor air dalam untuk kebutuhan air masyarakat,” ujarnya.

Selain itu sambungnya, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) harus meningkatkan pelayanan dan membenahi sistem agar bisa membantu masyarakat. Melalui proyek SPAM juga saat ini, diharapkannya bisa membantu persoalan kekeringan.

“Saran saya, masyarakat juga kalau bisa menjaga sumber air di wilayah masing masing. Terutama masyarakat di sekitar pegunungan. Jangan menebang pohon sembarangan,” ingatnya.

*Erde