Kabar Bima

Wawali Bima Pimpin Upacara Gelar Pasukan Satlinmas

259
×

Wawali Bima Pimpin Upacara Gelar Pasukan Satlinmas

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Upacara gelar pasukan Satlinmas untuk membantu pengamanan pemilukada serentak di NTB tahun 2015 dipimpin oleh Wakil Walikota (Wawali) Bima H. A. Rahman H. Abidin, di halaman kantor Walikota Bima, Selasa (8/9).

Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE
Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE

Upacara dihadiri pula oleh Kasat Pol PP Provinsi NTB, unsur FKPD Kota Bima, dan kepala SKPD lingkup pemerintah Kota Bima.

Wawali Bima Pimpin Upacara Gelar Pasukan Satlinmas - Kabar Harian Bima

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali melalui siaran persnya menuturkan, apel kesiapsiagaan Satlinmas Kota Bima digelar dalam rangka membantu pengamanan Pemilukada di daerah dan pengamanan TPS dan pengamanan lingkungan.

Selain itu apel tersebut juga merupakan bagian dari salah satu program pembinaan Gubernur terhadap Satlinmas di Daerah, karena sesuai ketentuan Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 pembinaan dilakukan berjenjang, mulai dari Menteri Dalam Negeri, Gubernur dan Bupati/Walikota.

Kata dia, dalam sambutan dan arahannya Wawali menyampaikan pelaksanaan apel gelar pasukan Satlinmas bertujuan untuk memastikan kesiapan aparatur sipil dalam menyukseskan Pemilukada serentak yang akan digelar beberapa bulan ke depan. Untuk menciptakan iklim perpolitikan yang kondusif tidak hanya ditopang dengan keberadaan aparat penegak hukum, namun juga didukung penuh oleh segenap elemen masyarakat sipil.

“Kehadiran Satlinmas merupakan keterwakilan unsur masyarakat dalam penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan,” ujarnya.

Ia berharap, seluruh tahapan Pemilukada serentak di setiap daerah dapat terselenggara dengan tertib dan aman termasuk di Kota Bima. “Masyarakat diharapkan berpartisipasi aktif dalam mewujudkan keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat bagi kelancaran penyelenggaraan Pemilukada pada seluruh tahapan,” paparnya.

Berdasarkan Permendagri, sambungnya, Satlinmas akan melakukan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), menjaga kotak suara, mengirimkan ke tingkat Desa/Kelurahan, hingga tingkat Kecamatan. Satlinmas juga berperan dalam penanggulangan bencana, pengamanan pemilu, antisipasi terorisme, pemeliharaan keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat serta terlibat dalam kegiatan sosial masyarakat lainnya.
*Bin/Hum