Kabar Bima

71 Mahasiswi Akbid Harapan Bunda Diwisuda

257
×

71 Mahasiswi Akbid Harapan Bunda Diwisuda

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Akademi Kebidanan (Akbid) Harapan Bunda Bima, Rabu (30/9) menggelar Rapat Senat Terbuka Dalam Rangka Wisuda Lulusan dan Pelantikan Mahasiswa Angkatan ke-VI. Prosesi pengukuhan dan pengambilan sumpah 71 Wisudawan, dipimpin Direktur Akbid Harapan Bunda Bima, Hj. Reni Hendari S.Kep,Ns M.Kes.

Rapat Senat Terbuka Dalam Rangka Wisuda Lulusan dan Pelantikan Mahasiswa Angkatan ke-VI. Foto: Eric
Rapat Senat Terbuka Dalam Rangka Wisuda Lulusan dan Pelantikan Mahasiswa Angkatan ke-VI. Foto: Eric

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman H. Abidin, Perwakilan Kopertis Wilayah VIII, Dr. Putu Anggriani, Ketua Yayasan Akbid Harapan Bunda Bima, H. Dahlan S.Kep,Ns M.Pd dan juga tamu undangan lain.

71 Mahasiswi Akbid Harapan Bunda Diwisuda - Kabar Harian Bima

Ketua Yayasan Akbid Harapan Bunda Bima, H. Dahlan S.Kep,Ns M.Pd dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa yang telah di wisuda Tahun ini. “Pengabdian dan ilmu kalian ditunggu masyarakat,” ujarnya.

H. Dahlan juga turut mengucapkan terimakasih atas kerja keras seluruh civitas akademi yang bekerja maksimal, sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan kuliah dengan baik dan tepat waktu. Karena, tanpa dukungan penuh dari seluruh komponen kampus, tentu akan berbeda hasilnya.

“Terimakasih kepada jajaran dosen dan pegawai atas pengabdiannya, karena berkat tugas yang di emban tersebut, telah berhasil mencetak generasi terbaik. Sehingga siap untuk terjun di lapangan,” tuturnya.

Sejak tahun 2007 berkarya, kata dia, Yayasan yang dipimpinnya  telah enam  kali melakukan prosesi wisuda dan telah menamatkan lebih dari 502 alumni Kebidanan. Lulusan yang dicetak pun telah banyak terserap di dunia kerja, baik di Lingkup Pemerintahan maupun swasta.

Guna meningkatkan mutu pendidikan, sambungnya, kurikulum dan SDM, setiap tahun terus melakukan peningkatan mutu akademik, karena menjadi titik krusial majunya pembangunan. Ia juga menghimbau kepada alumni untuk tidak berhenti meningkatkan kemampuan dan mengembangkan diri saat berada di tengah-tengah  masyarakat.

“Kita telah memberangkatkan delapan orang dosen untuk melanjutkan pendidikan S2 ke luar daerah. Ini semata untuk meningkatkan mutu dan kualitas pengajar,” bebernya.

Wakil Walikota Bima saat memberikan sambutan pada acara Wisuda Akbid Harapan Bunda. Foto: Eric
Wakil Walikota Bima saat memberikan sambutan pada acara Wisuda Akbid Harapan Bunda. Foto: Eric

Kepada alumni yang telah diwisuda, diminta H. Dahlan untuk senantiasa menjaga nama baik almamater kampus. Tanggungjawab setelah menyandang gelar Ahli Madya Kebidanan, menjadi milik alumni sepenuhnya. “Untuk itu teruslah berkarya demi masyarakat bangsa dan Negara,” tegasnya.

Sementar aitu, Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman H. Abidin dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas prestasi wisudawati yang telah resmi menyandang status Ahli Madya Bidan, beserta segala tanggung jawab yang melekat pada profesi tersebut.

“Gelar yang anda dapat, merupakan bagian dari tanggungjawab, baik secara moral maupun intelektual. Untuk itu, sebagai bidan harus siap mengabdi menjadi tenaga kesehatan dimanapun tenaganya diperlukan,” katanya.

Mantan Anggota Dewan ini menjelaskan, melalui perkembangan tekhnologi yang semakin pesat, tantangan kedepan telah menunggu, namun hendaknya tantangan tersebut tidak dijadikan penghambat untuk lebih maju. Tapi jadikanlah sebagai motivasi dan peluang bagi para wisudawan, untuk meraih masa depan yang lebih baik.

“Apa yang dilakukan Akbid Harapan Bunda Bima hari ini merupakan jawaban dari harapan kita semua. Yang terus mencetak generasi yang berprestasi dan berkualitas, sehingga siap secara mental dan skill untuk terjun di kehidupan social dan dunia kerja,” tegasnya.

Tenaga kesehatan memiliki tanggung jawab yang sangat besar karena menyangkut keselamatan hidup dan masa depan generasi. Tanggung jawab yang sangat besar tersebut, menjadikan tenaga kesehatan mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat. Harapan tersebut tentunya harus mampu dijawab oleh para tenaga medis, dalam menjalankan profesinya harus berpegang teguh pada norma dan etika yang berlaku.

Ketua Yayasan Akbid Harapan Bunda Bima, H. Dahlan S.Kep,Ns M.Pd. Foto: Eric
Ketua Yayasan Akbid Harapan Bunda Bima, H. Dahlan S.Kep,Ns M.Pd. Foto: Eric

“Kuncinya adalah tenaga medis harus menjalankan tugasnya secara profesional sesuai dengan proporsinya,” ucapnya.

Ditambahkan A. Rahman, dirinya atas nama pemerintah mengajak untuk menyukseskan berbagai program Pembangunan Kota Bima diantaranya, penataan kawasan Amahami, penghijauan dan penanaman kembali pohon, serta mensukseskan Kota tepian air.

“Semua program ini tidak akan terwujud, tanpa dukungan dari semua elemen masyarakat dan pemerintah. Untuk itu atas nama pemerintah Kota Bima, mengajak masyarakat untuk membangun Kota Bima yang lebih baik,” bebernya.

Pada wisuda tersebut, terpilih tiga wisudawati terbaik dan berhak mendapatkan piagam penghargaan. Mereka masing-masing, diperingkat pertama Bayti Jannah A.Md Keb dengan IPK 3.67, peringkat kedua Putri Nurhayati A.Md Keb dengan IPK 3.60, dan yang ke tiga atas nama Bona Fantrisia Toyo  A.Md Keb dengan IPK 3.56.

*Eric