oleh

Bidan Malas, Poskesdes Jadi Rumah Hantu

-Kabar Bima-6 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba,- Di Poskesdes Lingkungan Busu Kelurahan Ntobo, lebih banyak kosong dari pada terihat aktifitas pelayanan kesehatan untuk warga setempat. Bidan Desa yang siaga memberikan pelayanan, justeru jarang – jarang hadir.

Ilustrasi
Ilustrasi

“Bidan mestinya tinggal dan menetap untuk melayani masyarakat, tapi yang terjadi hanya datang dua atau bahkan sekali dalam seminggu,” sorot warga setempat H. Muhamad.

Kata dia, sejak Tahun 2013 berdirinya Poskesdes sampai sekarang, bangunan itu tak ubahnya rumah hantu, bidan malas-malasan dan hanya datang seenaknya, warga pun sangat kesulitan mendapatkan akses bantuan kesehatan. Mulai pelayanan warga yang sakit, tertimpa musibah kecelakaan bahkan ibu hamil yang mau melahirkan.

“Karena tidak adanya bidan yang menetap, kami yang tinggal di pelosok Kota harus rela berkendara dengan jarak yang jauh untuk ke RSUD Bima. Jika larut malam, kami menjadi warga yang benar – benar sulit mendapatkan pelayanan kesehatan,” katanya.

Untuk itu, pihaknya mewakili masyarakat sangat mengharapkan, Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Kesehatan Kota Bima, mau dan peduli menempatkan bidan yang siap menetap dan tinggal, untuk membantu pelayanan kesehatan warga.

“Kami mohon pemerintah mau mendengarkan permintaan kami, demi keselamatan warga,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, H. Azhari yang dimintai keterangan mengaku agar keluhan tersebut disampaikan ke Sekretaris Dinas kesehatan, bukan padanya. “Saya lagi cuti, belum bisa berkomentar. Tanyakan saja pada sekretaris,” sarannya.

*Eric

Komentar

Kabar Terbaru