oleh

Debat Terbuka, Empat Paslon Adu Konsep

Kabupaten Bima, Kahaba.- Debat terbuka Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2015, Senin (26/10) berlangsung sukses. Empat Paslon yang akan berlaga saling beradu konsep dalam debat yang digelar KPU di Gedung DPRD Kabupaten Bima tersebut.

Debat paslon Bupati dan wakil Bupati Bima. Foto: Ady
Debat paslon Bupati dan wakil Bupati Bima. Foto: Ady

Jalannya debat dibagi dalam empat segmen dan dipandu Moderator, Doktor Kadri. Segmen pertama, masing-masing Paslon menyampaikan visi-misi dan program. Segmen kedua, Moderator bertanya kepada Paslon.



Pada segmen ini, pertanyaan yang telah disiapkan panelis diundi. Masing-masing Paslon mendapatkan satu pertanyaan berbeda usai menyaksikan pemutaran video terkait isu yang akan ditanyakan.

Baca:   Kota Bima Harus Ditangani Dengan Hal yang tak Biasa

Diawali Paslon Nomor 2, Ady-Zubair (MAJU) mendapatkan pertanyaan mengenai konsep penanggulangan kemiskinan. Kemudian Paslon Nomor 3, Syafrudin-Masykur (SYUKUR) mendapatkan pertanyaan mengenai pendidikan.

Selanjutnya Paslon Nomor 4, Indah-Dahlan (DINDA) mendapatkan pertanyaan mengenai upaya mengatasi konflik yang kerap terjadi di Bima. Terakhir, Paslon Nomor 1, Khair-Hamid (KH) mendapatkan pertanyaan mengenai solusi untuk mengatasi maraknya illegal logging atau penebangan pohon secara liar.

Baca:   Ratusan Saksi DINDA di Sape-Lambu Ikut Pelatihan

Pada segmen ketiga, Paslon bertanya satu sama lain. Segmen ini berlangsung menarik dan penuh dinamika. Sebab, Empat Paslon saling menguji dan menjawab dengan argumentasi sesuai visi-misinya. Moderator membagi segmen ini menjadi tiga sesi sehingga berlangsung cukup lama.

Segmen terakhir, berisi pernyataan penutup atau closing statement Empat Paslon. Segmen ini dimanfaatkan Paslon untuk mempertegas visi-misi dan meyakinkan masyarakat bahwa mereka layak untuk dipilih pada Pemilukada 9 Desember mendatang.

Baca:   Syafrudin: Nomor Urut 3 Itu Nomor Kemenangan

Debat berlangsung selama tiga jam. Dimulai pukul 09.00 Wita berakhir sekitar pukul 12.30 Wita. Disiarkan langsung melalui stasiun televisi dan radio lokal Bima

*Ady


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.