Kabar Bima

KNPI: Pemuda Kita Mengalami Disorientasi

272
×

KNPI: Pemuda Kita Mengalami Disorientasi

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Peringatan Sumpah Pemuda setiap Tanggal 28 Oktober, menjadi momentum penting bagi para pemuda untuk melakukan refleksi sejauh mana perannya untuk masyarakat dan daerah. Bagaimana pandangan KNPI Kabupaten Bima memaknai peringatan Sumpah Pemuda tahun ini?

Wakil Ketua DPD II KNPI Kabupaten Bima, Muchlis. Foto: Kahaba
Wakil Ketua DPD II KNPI Kabupaten Bima, Muchlis. Foto: Kahaba

Wakil Ketua DPD II KNPI Kabupaten Bima, Muchlis memberikan catatan kritis terhadap kiprah pemuda di Kabupaten Bima. Menurutnya, pemuda saat ini mengalami disorientasi, krisis legitimasi, dan berjiwa pragmatisme.

KNPI: Pemuda Kita Mengalami Disorientasi - Kabar Harian Bima

“Pemuda juga telah dipenjara oleh kepentingan kaum tua yang masih mempertahankan status quo. Sementara penguasa tidak memberikan ruang untuk mengelaborasi kecerdasan kaum muda,” ujarnya.

Bahkan, Muchlis tak segan mengkritisi kiprah KNPI Kabupaten Bima sebagai payung organisasi pemuda yang dinilai telah mengalami krisis kronis ibarat sebuah penyakit. Tak ada jalan lain, berkarya adalah tuntutan kekinian yang harus dilakukan para pemuda.

“Karena sesungguhnya, pemuda memiliki andil besar dalam mewujudkan agenda-agenda kebangsaan berdasarkan 9 amanat reformasi,” terangnya.

Dengan semangat Sumpah Pemuda lanjutnya, pemuda bukan tampil disaat memperingatinya dengan kemewahan identitas karena itu hanya eforia skeptis. Sebab pemuda adalah inisiator perubahan untuk pembangunan daerah dan kebangsaan.

“Pemuda harus berani tampil menawarkan gagasan dan ide untuk perubahan daerah karena pemuda memiliki potensi, cita-cita dan konsep. Saatnya pemuda bangkit dengan semangat Hari Sumpah Pemuda,” tegasnya.

*Ady