Kabar Bima

MJC Kecam Intimidasi dan Kekerasan Wartawan

288
×

MJC Kecam Intimidasi dan Kekerasan Wartawan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Intimidasi, ancaman dan kekerasan kerap menyertai tugas wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistik. Di Bima, sudah beberapa kali tercatat kasus seperti ini menimpa wartawan. (Baca. Ancam Bunuh Wartawan, Ruma Rengge Dilapor Polisi)

Ketua MJC Bima Yudha LM. Tudiansyah
Ketua MJC Bima Yudha LM. Tudiansyah

Kasus yang terbaru dialami Wartawan Media Online Kahaba.net, Ady Supriadin beberapa waktu lalu. Saat menjalankan tugas, mendapat perlakuan buruk dan ancaman dari preman UD. Satria Perdana. Prilaku tersebut pun disesali sejumlah pihak. (Baca. Pemilik UD Satria Perdana Halangi Tugas Wartawan)

MJC Kecam Intimidasi dan Kekerasan Wartawan - Kabar Harian Bima

Ketua Mbojo Journalist Club (MJC) LM. Tudiansyah juga mengecam tindakan tersebut. Dari kronologis kejadiannya, Komunitas Wartawan Bima itu menilai telah terjadi intimidasi, ancaman dan percobaan kekerasan terhadap Ady, Wartawan Kahaba.net.

“Karena insiden ini terjadi saat wartawan menjalankan tugas peliputan, maka perlu kiranya kami mengambil sikap bersama dan mengencam tindakan tersebut,” tegasnya.

Kata dia, dari hasil diskusi dengan seluruh wartawan Bima yang tergabung dalam MJC, maka lahir sejumlah poin. Seperti mengecam tindakan premanisme Ruma Rengge yang mengintimidasi, mengancam dan melakukan percobaan tindak kekerasan terhadap wartawan.

Mengecam Pemilik Toko, UD Satrya Perdana, Ahyar yang bersikap arogan dan menghalangi tugas wartawan dengan menggunakan intimidasi premanisme. Kemudian, mendesak kepada Polres Bima Kota agar segera memproses hukum kasus ini dengan menggunakan pasal berlapis, yakni UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Pasal 368 Ayat 1 KUHP tentang ancaman kekerasan dan Pasal 335 KUHP tentang perbuatan tidak menyenangkan terhadap orang lain.

Tidak hanya itu, sambungnya, kami juga mendesak kepada Polres Bima Kota agar segera menyita barang bukti batako keramik dan rekaman CCTV di Toko UD Satrya Perdana agar tidak dihilangkan oknum. Mendesak kepada Polres Bima Kota agar segera menahan Pemilik Toko, Akhyar, Ruma Rengge dan sejumlah karyawannya agar ada efek jera.

Meminta kepada Polres Bima agar memberikan perlindungan keamanan kepada seluruh Wartawan di Bima, khususnya korban dari upaya pengancaman, intimidasi dan kekerasan.

“Dalam poin itu kami juga menghimbau kepada semua Wartawan di Bima agar bersatu dan tetap mengedepankan kode etik dalam menjalankan tugas jurnalistik,” bebernya.

*Bin