Kabar Bima

Antisipasi Radikalisme, Ansor Gelar Sarasehan Regional

217
×

Antisipasi Radikalisme, Ansor Gelar Sarasehan Regional

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota dan Kabupaten Bima, Selasa (17/11) akan menggelar Sarasehan Regional. Kegiatan dengan tema “Strategi Pencegahan dan Penanggulangan Radikalisme dan terorisme di wilayah Nusa Tenggara dilaksanakan di Paruga Nae Convention Hall Kota Bima.

Ketua GP Ansor Kota Bima, Muh. Rusydi
Ketua GP Ansor Kota Bima, Muh. Rusydi

Ketua GP Ansor Kota Bima, Muh. Rusydi mengatakan, kegiatan ini akan dihadiri oleh Mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Tim Ahli BNTP, Polda NTB, Ketua MUI Kabupaten Bima, Drs. H. Abdurrahim Haris, MA, serta Pengurus Wilayah GP Ansor NTB, Dzul Amirul Haq.

Antisipasi Radikalisme, Ansor Gelar Sarasehan Regional - Kabar Harian Bima

Tujuannya kegiatan ini kata dia, sebagai upaya untuk memulihkan citra Islam yang cenderung dinilai minor. Menjadi tanggungjawab bersama untuk menunjukkan bagaimana Islam menjadi rahmat bagi semesta alam.

“Semoga ini menjadi ruang dialog yang konstruktif bagaimana Islam sesungguhnya, sehingga tidak diidentikkan terus dengan kekerasan,” ujarnya.

Diakuinya, kegiatan ini tidak hanya melibatkan peserta dari Kota dan Kabupaten Bima, namun juga dari Dompu, Sumbawa, Lombok, serta dari NTT. Banyaknya peserta yang dilibatkan, diharapkan dapat meluaskan pemahaman Islam Rahmatan Lil Alamin.

“Sementara target peserta dalam kegiatan ini sebanyak 400 orang dari berbagai elemen, termasuk pelajar,” katanya.

Tidak bisa ditampik, kata dia, bahwa wilayah Nusa Tenggara dilekatkan dengan daerah yang memiliki embrio terorisme. Kenyataan ini menghentak kesadaran bagaimana mengembalikan citra Bima yang agamis dan ramah. “Selain sarasehan, akan ada penandatangan bersama untuk menolak dan melawan terorisme,” terangnya.

Rusydi juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota dan Kabupaten Bima, yang ikut mendukung suksesnya sarasehan regional. Diharapkannya kemitraan ini dapat mewujudkan citra Dana Mbojo yang baik.

“Memulihkan citra Bima, Dompu atau wilayah Nusa Tenggara adalah tanggungjawab kita bersama, tidak hanya pemerintah,” katanya.

*Ady