Kabar Bima

Tahun 2016, Dukcapil Tingkatkan Kinerja dengan Jemput Bola

259
×

Tahun 2016, Dukcapil Tingkatkan Kinerja dengan Jemput Bola

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bima pada Tahun 2016 berencana akan meningkatkan kinerja pendataan dan pembuatan administrasi kependudukan dengan sistem jemput bola.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bima, Maryamah. Foto: Deno
Kepala Dinas Dukcapil Kota Bima, Maryamah. Foto: Deno

Sasaran utama program tersebut akan dilakukan pada sekolah – sekolah dan masing-masing Kelurahan. Tujuannya, agar penduduk Kota Bima semuanya sudah memiliki administrasi kependudukan seperti KTP, Akte Kelahiran, Kartu Keluarga bahkan Akte Kematian.

Tahun 2016, Dukcapil Tingkatkan Kinerja dengan Jemput Bola - Kabar Harian Bima

“Rencana ini siap dilaksanakan pada tahun 2016, semoga saja tidak ada hambatan yang berarti,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Kota Bima, Mariamah di ruang kerjanya, Senin (21/12).

Kata dia, program jemput bola tersebut seperti pembuatan KTP, sasaran utama adalah SMA kelas II dan III yang sudah cukup umur untuk dibuatkan KTP. Selain itu pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bima untuk membantu tes golongan darah siswa, guna memudahkan diketahuinya golongan darah siswa yang akan dimasukan dalam KTP.

Tidak hanya di sekolah, pihaknya juga akan turun di masing-masing kelurahan untuk melakukan pendataaan sekaligus membuat KTP bagi para Lanjut Usia (Lansia). Tujuannya, selain membantu Kepala Kelurahan mendata warganya yang lanjut usia, juga membuatkan KTP Lansia untuk dimudahkan mengurus Akte Kematian, karena pembuatan Akte Kematian harus memiliki NIK.

“Kami juga akan bekerja sama dengan Bidan di tiap Polindes untuk mendata kelahiran ibu, agar bisa mempermudah pembuatan akte kelahiran,” tambahnya.

Jadi, tambah Maryamah, pembuatan Administrasi Kependudukan bisa dilakukan semuanya secara gratis dan tidak memungut biaya dalam bentuk apapun.

*Deno