Kabar Bima

BKP Sosialisasi Penurunan Konsumsi Beras

231
×

BKP Sosialisasi Penurunan Konsumsi Beras

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Bima bekerjasama dengan Badan Ketahanan Pangan Provinsi NTB menggelar Sosialisasi Penurunan Konsumsi Beras serta Meningkatkan Konsumsi Sayur dan Buah Bagi Pelajar. Kegiatan dilaksanakan di Paruga Na’e Kecamatan Bolo, Senin ( 21/ 12).

Kepala BKP Bima Ir. Rendra Farid saat memberikan sambutan. Foto: Hum
Kepala BKP Bima Ir. Rendra Farid saat memberikan sambutan. Foto: Hum

Dihadiri Kepala BKP Kabupaten Bima beserta jajaranya, Kepala BKP Provinsi NTB beserta jajaranya, Ketua TP PKK Kabupaten Bima beserta jajaranya, Camat Bolo, UPTD Bolo, Kapolsek Bolo dan Danramil Bolo, para Kepala Sekolah dan guru serta pelajar SD, SMP dan Madrasah se-Kecamatan Bolo.

BKP Sosialisasi Penurunan Konsumsi Beras - Kabar Harian Bima

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Bima diwakili Kepala BKP kabupaten Bima, Rendra Farid mengatakan, pangan merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat. Dalam Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan antara lain disebutkan bahwa pangan merupakan hak asasi bagi masyarakat.

“Sehingga setiap warga negara berhak untuk mendapatkan pangan dalam jumlah, mutu, harga yang terjangkau dan aman untuk dikonsumsi,” jelas Rendra dikutip dari rilis Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Bima, Chandra Kusuma.

Karena itu papar Dia, dengan adanya kegiatan seperti ini pemerintah bersama dengan masyarakat bertanggungjawab terhadap terwujudnya ketahanan pangan. Untuk mencapai ketahanan pangan yang handal dan terwujudnya mandiri pangan telah diupayakan beberapa program.

Antara lain melalui peningkatan produksi pangan dan penganekaragaman konsumsi pangan atau diversifikasi pangan sehingga ketahanan pangan masyarakat dapat kita wujudkan. Terutama di tingkat desa masih perlu kita tingkatkan.

Menurut Kepala BKP Provinsi NTB, Hj Hartinah mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini bertujuan agar masyarakat selalu mengkonsumsi sayur dan buah. Selain mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok, masyarakat perlu mengkonsumsi buah dan sayur. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur maka sangat penting bagi kebutuhan tubuh sekaligus menyehatkan badan.

“Untuk itu setelah kita mengkonsumsi nasi sebagai kebutuhan pokok, ke depannya kita juga harus mengkonsumsi buah – buahan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kita,” ingatnya.

*Ady/Hum