Kabar Bima

Kantor Imigrasi Kota Bima Segera Diresmikan

306
×

Kantor Imigrasi Kota Bima Segera Diresmikan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pembentukan kantor imigrasi di Kota Bima yang telah dirintis sejak Tahun 2014, tidak lama lagi akan segera terwujud. Hari Kamis( 14/1) Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin menerima telepon dari Kepala Biro Umum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk meminta segera menjadwalkan peresmian kantor tersebut.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali. Foto: Deno
Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Ihya Ghazali. Foto: Deno

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali melalui siaran  persnya mengatakan, menjawab permintaan itu, Walikota dalam waktu dekat akan segera melakukan koordinasi dengan Menteri Hukum dan HAM untuk kepastian jadwal peresmian.

Kantor Imigrasi Kota Bima Segera Diresmikan - Kabar Harian Bima

“Perintisan pembentukan Kantor Imigrasi Kota Bima telah melalui berbagai tahapan, diawali dengan pengajuan permohonan oleh Kepala Daerah kepada Menteri Hukum dan HAM, survei oleh tim dari Kemenkumham, hingga penentuan lokasi,” ujarnya.

Hingga pada tanggal 2 September 2015 lalu, kata dia, Walikota Bima secara resmi telah menyerahkan sepetak tanah seluas 13 are untuk pembangunan kantor imigrasi, yang berlokasi di belakang gedung kantor Walikota Bima. Dokumen hibah tanah selanjutnya diserahkan kepada Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia.

“Kantor Imigrasi Kelas II Kota Bima sudah disediakan, meski bersifat sementara, sambil menunggu pembangunan gedung yang lebih representatif. Kita harapkan keberadaan kantor ini semakin memudahkan masyarakat untuk mengurus paspor, terutama untuk keperluan ibadah haji dan umroh,” katanya.

Menurut dia, soal kapan peresmian Kantor tersebut, dalam waktu dekat Walikota Bima akan mengunjungi kembali Menteri Hukum dan HAM, agar dan secepatnya kantor Imigrasi segera diresmikan, untuk melayani tiga daerah, Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu.

“Peresmian Kantor sementaranya menggunakan kantor Sewa disekitar Museum ASI Bima, sembari menunggu pembangunan kantor Permanen,” tuturnya.

Ia menambahkan, dengan hadirnya kantor tersbeut, akan sangat membantu pelayanan. Nanti PNS juga bisa melamar untuk menjadi tenaga kerja di Kantor Imigrasi tersebut. “PNS nanti akan dites,” tambahnya.

*Bin