Kabar Bima

Kades Ingatkan Kelola ADD dengan Baik dan Transparan

225
×

Kades Ingatkan Kelola ADD dengan Baik dan Transparan

Sebarkan artikel ini

Bima, Kahaba,- Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Bima untuk mengelola Alokasi Dana Desa (ADD) dengan baik. Harus dikelola dengan transparan dan tidak dikerjakan sendiri oleh Kades.

Ilustrasi Alokasi Dana Desa
Ilustrasi

“Kades harus mengelola ADD dengan baik. Jika tidak jelas peruntukannya, maka akan berhadapan dengan hukum,” ingat Kepala BPMdes Kabupaten Bima, Abdul Wahab Usman kepada Kahaba.net, Kamis (21/1) pagi.

Kades Ingatkan Kelola ADD dengan Baik dan Transparan - Kabar Harian Bima

Namun kata Wahab, apabila dalam penggunaan ADD terdapat penyalahgunaan dan sangat merugikan masyarakat umum, maka masyarakat maupun organisasi bisa melaporkan kepada pihak berwajib sehingga bisa diproses sesuai aturan dan undang-undang.

“Kades harus ikuti aturan, pergunakan ADD dengan baik bila tidak ingin berhadapan dengan hukum,” ingatnya lagi.

Wahab mengaku, peringatan itu telah disampaikan pemerintah sejak ADD turun. Sehingga penggunaannya bisa dipertanggung jawabkan dengan baik dan benar. Serta bisa bermanfaat untuk kemajuan desa dan masyarakat.

Saat ini kata Wahab, penggunaan ADD sedikit lamban disebabkan keterbatasan kemampuan pegawai kantor desa yang cukup paham tentang pengelolaan dan pelaporan penggunaan anggaran.

“Ke depan kami tetap melakukan pelatihan dan pembinaan terhadap perangkat desa, sehingga mereka dapat paham dan mengerti akan tugasnya,” terangnya.

Mengenai ada riak ketidakpuasan dan keluhan masyarakat terhadap kinerja Kepala Desa dan perangkatnya, Wahab meminta kepada berbagai elemen masyarakat untuk mengawal, mengawasi dan memberi masukan juga bisa membantu kepala desa  dalam bekerja.

*Eric