Kabar Bima

Bappeda Gelar Bimtek e-Musrenbang

239
×

Bappeda Gelar Bimtek e-Musrenbang

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Bappeda Kota Bima menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi e-Musrenbang di aula kantor Walikota, Rabu (27/1). Bimtek dibuka Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman H. Abidin dan dihadiri para Kepala SKPD. Peserta aktif Bimtek terdiri atas Camat dan Lurah.

Bimtek e-Musrenbang yang digelar Bappeda. Foto: Hum
Bimtek e-Musrenbang yang digelar Bappeda. Foto: Hum

Wakil Walikota Bima melalui sambutannya mengatakan, e-Musrenbang merupakan aplikasi yang memungkinkan masyarakat menyampaikan aspirasinya secara online, untuk diakomodir dalam perencanaan pembangunan. Jika aplikasi ini benar-benar dimanfaatkan masyarakat, maka penerapan prinsip partisipatif dalam perencanaan pembangunan dapat lebih optimal.

Bappeda Gelar Bimtek e-Musrenbang - Kabar Harian Bima

Kata dia, Kota Bima sudah meluncurkan aplikasi layanan pengaduan masyarakat berbasis android yang bernama ‘Kota Bima’, yang bisa diunduh gratis di playstore. SKPD yang menjadi admin aplikasi ini harus rajin membuka dan mendata laporan/pengaduan yang masuk, dan akan sangat bagus jika dipadukan dengan input masyarakat dari aplikasi e-Musrenbang.

“Jadi, berbagai permohonan tersebut selanjutnya dianalisis, buat skala prioritasnya, mana yang bisa diakomodir segera atau ditunda,” katanya melalui siaran pers Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali.

Menutup arahannya, Wakil Walikota meminta Camat dan Lurah untuk memperhatikan materi Bimtek dengan seksama, agar selanjutnya dapat menyampaikan kepada masyarakat melalui acara-acara sosial, seperti mbolo kampo (rapat kampung) dan lain-lain.

*Bin/Hum