Kabar Bima

MTsN Siap Hadapi UN Berbasis Komputer

288
×

MTsN Siap Hadapi UN Berbasis Komputer

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kepala MTsN Bima 1 Kota Bima H. Arifin menyatakan kesiapan sekolahnya menghadapi Ujian Nasional (UN) berbasis Komputer yang akan dilaksanakan Tanggal 9 – 12 Mei mendatang.

Kepala MTsN 1 Kota Bima, H. Arifin S.Ag. Foto: Bin
Kepala MTsN Bima 1 Kota Bima, H. Arifin. Foto: Bin

Kata dia, UN berbasis Komputer tersebut akan menjadi yang pertama dilaksanakan oleh MTsN Bima 1 Kota Bima. Meski diberlakukan secara Nasional, namun baru beberapa sekolah di seluruh daerah di Indonesia yang siap melaksanakannya.

MTsN Siap Hadapi UN Berbasis Komputer - Kabar Harian Bima

“Program ini untuk jenjang SMP/MTs dan SMA sederajat. Di Kota Bima, untuk tingkat SMP dan MTs, hanya MTsN Bima 1 Kota Bima yang siap. Sementara SMA, hanya SMA 5, SMKN, 1, SMKN 2, SMKN 3 dan SMK Salahudin, kemudian MAN 1 Kota Bima,” sebutnya, Sabtu (30/1).

Diakuinya, pelaksanaannya nanti siswa seluruhnya akan memanfaatkan Laptop sendiri. Untuk siswa yang belum memiliki Laptop, akan dibantu pinjam pakai oleh Sekolah. Sementara server, akan disediakan oleh Sekolah.

Mengenai persiapan, kata dia, mulai Januari sudah dilaksanakan pembinaan melalui les mata pelajaran UN. Kemudian pemantapan dan pembinaan penggunaan Laptop, lalu persiapan dari segi psikologi serta memberikan motivasi.

“Nanti ada website khusus ujian, yang ditangani operator masing masing sekolah. Jadi kecil kemungkinan untuk terjadinya bocor soal. Siswa juga tidak bisa menyontek,” katanya.

Lalu mengenai pengawasan UN, tambah H. Arifin, akan dilakukan seperti biasa, hanya saja ada Operator yang mendampingi.

*Bin