Kabar Bima

Dikpora Seleksi Calon Kepala Sekolah

227
×

Dikpora Seleksi Calon Kepala Sekolah

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Kota Bima telah memulai tahapan seleksi Calon Kepala Sekolah (Cakep) pertengahan Januari. Proses pendaftaran secara on line itu mulai di uji awal bulan Maret mendatang.

Ilustrasi
Ilustrasi

Kepala Dikpora Kota Bima, H. Alwi Yasin mengatakan, seleksi persiapan tugas guru sebagai Kepala Sekolah bertujuan agar lebih terseleksinya Kepala Sekolah yang memenuhi standar kompetensi. Serta tersedianya kepala sekolah yang bermutu, diakui oleh Pemerintah dan juga Masyarakat.

Dikpora Seleksi Calon Kepala Sekolah - Kabar Harian Bima

“Seleksi Cakep dilakukan secara transparan, dengan tujuan memberikan apresiasi kepada guru yang berprestasi tanpa adanya politik uang, jadi benar-benar murni dari prestasi guru itu sendiri,” ujarnya.

Lagipula setiap guru yang menjadi Kepala Sekolah harus memiliki kompetensi yang baik, dan pemerintah Kota Bima hanya memberikan peluang dan kesempatan kepada Kepala Sekolah yang berprestasi dan berkompetensi unggul.

“Kepala Sekolah adalah guru yang diberi tugas tambahan, jadi menjadi seorang Kepala Sekolah tidak boleh meninggalkan tanggung jawabnya sebagai seorang guru,” katanya.

Seleksi tersebut, sambungya, Dikpora telah bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Mataram, sebagai lembaga yang berkompeten dan telah diatur dalam Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 tentang penyiapan pimpinan tertinggi suatu lembaga pendidikan.

“Insya Allah jika proses seleksi selesai, kedepan Kota Bima akan merombak serta mengisi kekosongan jabatan Kepala Sekolah. Baik di tingkat TK, SD, SMP hingga tingkat SMA,” tandasnya.

*Eric