Kabar Bima

SMAN 4 Pasang 32 CCTV Untuk Awasi Siswa

556
×

SMAN 4 Pasang 32 CCTV Untuk Awasi Siswa

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Siswa SMA Negeri 4 Kota Bima kini bisa lebih mawas diri dan menjaga sikap selama di berada lingkungan sekolah. Termasuk saat urusan ujian, tidak bisa lagi berlaku curang.

Kepala SMAN 4 Kota Bima, Muhtar saat menunjukan monitor kontrol CCTV
Kepala SMAN 4 Kota Bima, Muhtar saat menunjukan monitor kontrol CCTV. Foto Ady

Pasalnya, pihak sekolah telah memasang CCTV di semua sudut ruangan kelas dan halaman sekolah. Tak tanggung-tanggung, jumlah CCTV yang dipasang sebanyak 32 unit. Ada 30 unit di ruangan kelas dan 2 sisanya di halaman depan dan belakang sekolah.

SMAN 4 Pasang 32 CCTV Untuk Awasi Siswa - Kabar Harian Bima

“CCTV ini sudah kami pasang sejak setahun lalu. Kebetulan saat itu diperbolehkan membeli CCTV menggunakan dana BOS,” jelas Kepala SMA Negeri 4 Kota Bima, Muhtar, Kamis pagi.

Awalnya kata dia, pemasangan CCTV ini untuk mengawasi proses Ujian Nasional agar dilaksanakan dengan penuh kejujuran. CCTV tersebut kini multi fungsi, tidak hanya untuk mengawasi ujian.

“Semua hal yang dilakukan siswa seperti duduk di atas meja, merokok, atau mana kelas yang tidak melaksanakan KBM bisa dikontrol dari CCTV di ruangan saya ini,” kata Muhtar.

Apabila ada siswa yang berbuat menyimpang, Muhtar bisa langsung menegur dengan pengeras suara. Begitu pula, ketika ada kelas kosong tidak ada guru bisa menginformasikan agar guru lain bisa masuk mengganti.

“Alhamdulillah, manfaatnya sangat kami rasakan. Termasuk bisa mengontrol kasus pencurian sepeda motor karena dilengkapi dengan perekam. SMAN 4 mungkin yang terlengkap CCTV-nya di Kota Bima,” tambahnya.

*Ady