Kabar Bima

Direktur Kemendag Tinjau Pasar Amahami

243
×

Direktur Kemendag Tinjau Pasar Amahami

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Direktur Logistik, Sarana dan Distribusi Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI, Jimmy Bela, meninjau Pasar Ama Hami Minggu (13/3). Jimmy Bela hadir bersama dua Kasubdit pada direktoratnya, Nina Mora dan Ernawati.

Jajaran Kemendag bersama Sekda dan Pejabat Pemkot Bima. Foto: Hum
Jajaran Kemendag bersama Sekda dan Pejabat Pemkot Bima. Foto: Hum

Dalam kunjungan singkat selama kurang lebih satu jam, rombongan Kemendag melihat kondisi pasar Amahai, didampingi Sekda Ir. Muhamad Rum, Kadis Koperindag Kaharuddin, Kepala Bappeda Zainuddin, dan Sekretaris DPPKAD Mukhlis.

Direktur Kemendag Tinjau Pasar Amahami - Kabar Harian Bima

Direktur Jimmy Bela mengatakan, kondisi Pasar Amahami masih belum sesuai yang diharapkan. Ia pun memahami situasinya. Kekumuhan terutama disebabkan karena pasar over kapasitas. Bangunan pasar dirancang untuk menampung sekian banyak pedagang, tapi ternyata jumlah pedagang yang ada jauh melebihi pendataan awal.

“Solusi jangka panjang adalah dengan membangun tambahan lokal pasar, tapi langkah tersebut tidak bisa serta-merta dilaksanakan. Ada kendala ketersediaan anggaran serta lahan. Kita juga tidak bisa melarang pedagang yang tidak terdata untuk berjualan, karena ini adalah mata pencarian mereka,” urai Jimmy Bela melalui siaran pers yang disampaikan Kagab Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali.

Sebagai solusi jangka pendek, yang wajib dilakukan sekarang adalah konsisten menjaga kebersihan lingkungan pasar, agar tidak terkesan terlalu kumuh. Langkah lain adalah dengan menanam tanaman peneduh. Jenis tanaman tentunya disesuaikan dengan kondisi tanah.

Selain itu juga perlu dilaksanakan sosialisasi dan edukasi bagi para pedagang serta pembeli, terutama dalam hal menjaga kebersihan.

*Bin/Hum