oleh

Labkesda Terapkan Pelayanan Mobile

-Kabar Bima-22 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Bima kini mulai menerapkan pelayanan mobile. Warga Kota Bima yang sakit tidak perlu repot – repot ke kantor Labkesda, untuk memeriksa kesehatan. Cukup menghubungi petugas Labkesda, pemeriksaan kesehatan pun bisa dilakukan dengan cepat.

Petugas Labkesda Kota Bima. Foto: Bin
Petugas Labkesda Kota Bima. Foto: Bin

Sekretaris Labkesda Kota Bima Zulkarnain mengatakan, layanan pihaknya sekarang lebih aktif menjangkau kebutuhan masyarakat. Pasien tidak mampu datang, petugas yang akan datang ambil sample. Untuk semua jenis pemeriksaan, baik itu periksa darah lengkap, urine, pemeriksaan sperma, HIV/AIDS bahkan Narkoba.

“Kalau warga tidak kuat ke Labkesda, ada petugas kami yang mendatangi warga untuk pemeriksaan,” ujarnya, Kamis (17/3).

Selain itu, Labkesda juga melayani pemeriksaan kualitas lingkungan, seperti air minum, air limbah, air bersih, air Laut, dan segala macam air. Kemudian bahan tambahan makanan berbahaya, seperti pewarna, formalin, peals, pengawet.

Sekarang juga, untuk warga yang ingin bake usaha, harus mengantongi rekomendasi dari Dikes. Rekomendasi itu dikeluarkan, syaratnya harus berdasarkan hasil pemeriksaan Labkesda.

“Warga yang mau buka usaha juga, tinggal hubungi kami dan petugas Labkesda mendatangi tempat war ga untuk memeriksa produk usaha,” katanya.

Mengenai harga, sambung Zulkarnain, yang paling mahal pemeriksaan anti bodi demam berdarah Tanya Rp 250 ribu, yang paling murah pemeriksaan HB Hanna sebesar Rp. 6600.
Disebutkannya juga, pemeriksaan Kolesterol Rp 38.500, Asam Urat Rp 22.000 dan Gula Darah seared Rp 19.800

“Alhamdulillah setiap hari pasti saja ada passion. Karena banyak yang kurang tahu, jadi tiap hari tidak banyak,” ucapnya.

Untuk tenaga tekhnis, tambahnya, sebanyak 10 orang, terdiri dari petugas laboratorium, perawat, dokter, kesehatan lingkungan, SKM.

“Peralatan juga sudah cukup memadai dengan kualitas bersaing. Harga cukup murah, karena sesuai dengan Perda Nomor 12 Tahun 2014,” tambahnya.

*Bin

Komentar

Kabar Terbaru