Kabar Bima

Perkuat Karakter Bangsa, Kemendikbud Gelar Kegiatan Persemaian Nilai Budaya

268
×

Perkuat Karakter Bangsa, Kemendikbud Gelar Kegiatan Persemaian Nilai Budaya

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menggelar kegiatan Persemaian Nilai  Budaya, di Gedung Convention Hall Paruga Nae, Sabtu (16/4). Kegiatan dengan maksud penguatan karakter bangsa itu dilaksanakan secara serentak di 25 Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia, salah satunya di Kota Bima.

Kegiatan Persemaian Nilai Budaya. Foto: Eric
Kegiatan Persemaian Nilai Budaya. Foto: Eric

Kepala Dinas Dikpora Kota Bima, H. Alwi Yasin dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini membawa tema memaknai sejarah dan budaya dalam memperkuat karakter bangsa. Karena terkandung nilai sangat efektif, berupa menumbuhkan nilai karakter bangsa, juga kebutuhan ajar serta memberikan bahan pelajaran alternatif di bidang sejarah dan budaya untuk guru Indonesia.

Perkuat Karakter Bangsa, Kemendikbud Gelar Kegiatan Persemaian Nilai Budaya - Kabar Harian Bima

Kepada 700 guru dan 600 orang siswa yang diwakili oleh 25 sekolah di Kota Bima, ia berharap agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik, tentunya juga harus dipahami lalu diaplikasikan di dunia nyata.

Sebab, selain dialog, peserta akan disuguhkan penayangan Film Nasional, yang diwakili Guru Bangsa Tjokro Aminoto dan Hafalan Shalat Delisa, serta film Documenter tentang Pelabuhan Goa di Sulawesi Selatan.

“Film yang diputar dinilai sangat efektif menjadi media pendidikan bagi guru dan juga anak. Selain itu terdapat proses internalisasi nilai budaya, juga dapat diharapkan menciptakan sifat positif melalui karakter yang diperankan oleh tokoh, sehingga menjadi inspirasi bagi khalayak ramai,” paparnya.

Menurut Alwi, Pendidikan karakter Bangsa juga bukan hanya saja menonton sebuah karya film, tapi juga bisa dilakukan dengan membuat film-film mengenai perjuangan masyarakat Indonesia, dalam mempertahankan idealisme dan keyakinan rasa cinta pada Indonesia.

“Kami yakin melalui media visual ini, akan mempermudah  menumbuhkembangkan nilai kebangsaan yang kian terkikis di era zaman modern,” katanya.

Melalui kegiatan dimaksud, ia berharap, mampu membangun kesadaran para pendidik dan stakeholder di bidang pendidikan, tentang pentingnya menumbuh kembangkan nilai-nilai karakter bangsa dengan berbagai macam cara, termasuk melalui Media.

“Mari bersama menumbuhkan dan membangun karakter bangsa, melalui sikap kedisiplinan, kerja keras dan kejujuran. Dengan begitu apa yang dicita-citakan bersama, dapat tercapai,” ajaknya.

Pantauan Kahaba.net, pada kegiatan tersebut turut diselingi dengan pemutaran  film-film mengenai perjuangan warga Indonesia dalam mempertahankan idealisme dan keyakinan rasa cinta pada Indonesia

*Eric