IGI Terapkan Teknik Mengajar Asik dengan Animasi

Kota Bima, Kahaba.- Metode video animasi dalam penyampaian materi pelajaran, mulai dicetuskan kalangan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Bima. Praktek tersebut disampaikan saat pelatihan Pembuatan Video Animasi Pembelajaran, di Musim ASI Bima, Senin (20/6).

Pelatihan pembuatan animasi pelajaran oleh IGI. Foto: Eric

Pelatihan pembuatan animasi pelajaran oleh IGI. Foto: Eric

Pelatihan turut diikuti 50 orang guru, yang berasal dari masing-masing sekolah di Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu.

Ketua IGI Kota Bima, Syahruna mengatakan, tujuan utama pelatihan tersebut yakni peningkatan kompetensi guru di bidang IT. Sebab perkembangan tekhnologi dalam menopang kerja, menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

“Workshop ini guna mengoptimalkan penggunaan program Microsoft Word, sebagai aplikasi bantuan untuk mengajar,” jelasnya.

Metode animasi akan membuat suasana interaksi belajar yang berbeda. Selain memudahkan guru, siswa lebih tertarik dalam berinteraksi dan tidak mengantuk saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Materi tersebut ditayangkan dalam bentuk animasi.

Dengan metode tersebut, sambungnya, sekolah harus menyiapkan berbagai peralatan penunjang, seperti proyektor dan OHP. Agar guru bisa menyampaikan materi metode animasi, dan siswa dapat menyerap dengan baik materi yang diberikan.

“Kita akan lihat apakah sekolah mendukung kemajuan tekhnologi ini atau tidak,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikpora Kota Bima H. Alwi Yasin mengaku bangga dan mengapresiasi sepak terjang IGI Kota Bima. Yang dilakukan organisi baru seumur jagung itu, telah membawa dampak positif terhadap pengembangan dan mutu guru.

*Eric

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *