oleh

Tidak ada IMB, Pembangunan Tower di Sarae Cacat Administrasi

-Kabar Bima-4 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Penolakan warga Lingkungan Gilipanda RT 14 RW 04 terhadap pembangunan Tower telekomunikasi, bukan tanpa alasan. Selain tidak pernah disosialisasikan kepada warga sekitar Tower, bangunan tersebut juga belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). (Baca. Warga Sarae Tolak Tower, Lurahnya Acuh)

Warga Lingkungan Gilipanda Kelurahan Sarae tolak kehadiran tower telekomunikasi. Foto: Eric
Warga Lingkungan Gilipanda Kelurahan Sarae tolak kehadiran tower telekomunikasi. Foto: Eric

Nurdin, warga setempat yang menolak kehadiran pembangunan tower ditengah – tengah perkampungan menyorot, pembangunan tersebut sam sekali tidak ada sosialisasi. Baik dari pihak Lurah Sarae, dari Camat Rasanae Barat bahkan pemegang proyek tersebut.

“Sampai saat ini tidak ada sosialisasi. Padahal masalah ini sangat genting, bagi keselamatan warga sekitar pembangunan tower,” sorotnya, Rabu (22/6).

Lebih aneh lagi, ungkap Nurdin, pembangunan tersebut belum memiliki IMB dari dinas terkait, sehingga diragukan legalitas pembangunannya. Maka dari itu, sebagai perwakilan masyarakat, kuat dugaan ada oknum yang berkepentingan yang bermain, demi meraup keuntungan pribadi.

“Kuat dugaan kami ada oknum yang bermain. Bagaimana IMB tidak ada, sementara proses dan tahapan pembangunan tower sudah mulai dikerjakan. Kami menilai pembangunan Tower ini cacat adminitrasi, jadi tidak boleh dilanjutkan,” tegasnya.

Di tempat terpisah, Lurah Sarae Iskandar yang ditemui mengakui, pihaknya hanya bertindak sebagai pihak yang mengetahui. Dia mengaku tidak terlibat terlalu jauh dalam, terkait terbitnya izin persetujuan dari pihak Kelurahan, karena hanya sebagai Lurah saja.

“Saya hanya sebagi pihak mengetahui saja, dan turut ikut menandatangani. Sebab IMB telah terbit melalui Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP), sehingga hanya ikut Pemerintah diatas saja,” aku Iskandar kepada sejumlah wartawan.

Sementara Camat Rasanae Barat, Lalu Sukarsana yang dimintai klarifikasi enggan berkomentar banyak, dan terkesan menghindar dari awak media.

“Masalah pembangunan Tower, saya belum bisa memberikan keterangan karena ada urusan yang harus saya lakukan sekarang. Saya akan memberikan keterangan, tapi belum sekarang,” katanya dan pergi.

*Eric

Komentar

Kabar Terbaru