Dua Pekan Lagi, Ratusan Hektar Bawang di Sampungu Panen

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kurang lebih dua pekan kedepan, ratusan lahan pertanian Bawang Merah petani di Desa Sampungu Kecamatan Soromandi akan sefera panen. Diperkirakan, Bawang Merah yang dipanen akan habis dijual hingga satu bulan lamanya.

Ilustrasi

Ilustrasi

Menurut Haris, petani setempat, ratusan hektar lahan yang akan panen Bawang Merah, mulai dari So Kabondo, Toro Ncia, So Na’e, So Salaja Lopi, So Mpungga, So Woha, So Piri Parongge, So Panco atas, So Panco bawah, So Lambu, So Kawangge dan So Palangga.

”12 wilayah ini rata-rata akan panen bersamaan,” ungkap petani sukses, Rabu (29/6).

Dia mengaku, Bawang Merah yang dipanen petani di Desa Sampungu tahun ini berkualitas dibandingkan Tahun lalu. Sebab, saat ini rata-rata Bawang Merah tidak terlalu diberikan pupuk yang mengakibatkan Bawang busuk dan juga tidak diserang hama ulat.

Kata dia, informasi yang dia diperolehnya, di Kecamatan lain yang menghasilkan Bawang Merah, seperti Desa Ngali Kecamatan Belo, tinggal beberapa petani yang belum panen.

”Artinya, satu-satunya Bawang Merah yang masih utuh ya di Desa Sampungu,” tuturnya.

Dia berharap, semoga setelah Bawang Merah di Desa Sampungu panen dengan harga yang tetap stabil seperti sekarang.

”Kami yakin, dengan biji bawang yang besar harga pasti stabil,” yakinnya.

*Noval

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *