Pemuda Lintas Agama Siap Amankan Sholat Idul Fitri

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 22 tokoh pemuda lintas agama siap mengamankan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1437 H di Kota Bima. Kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi pemuda lintas agama untuk meningkatkan kerukunan dan toleransi.

Pertemuan Tokoh Pemuda dengan FKUB. Foto: Ady

Pertemuan Tokoh Pemuda dengan FKUB. Foto: Ady

Rencana ini disepakati dalam pertemuan tokoh pemuda lintas agama yang digelar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima di kantor setempat kemarin.

Ketua FKUB Kota Bima, Eka Iskandar mengaku kegiatan tersebut merupakan agenda rutin setiap tahun dan masuk dalam program kerja FKUB. Tidak hanya saat hari besar umat Islam, tetapi juga agama lainnya.

“Jadi pada pertemuan ini, kita memperkuat peran pemuda lintas agama menjelang hari raya Idul Fitri, Idul Adha, kemudian akhir tahun nanti ada Natalan,” jelas Eka yang juga Ketua PD Muhammadiyah Kota Bima ini.

Porsi yang sama juga kata dia, diberikan kepada umat Hindu dan agama lainnya ketika nanti ada perayaan hari besar mereka. Peran pemuda lintas agama dengan membantu memasang spanduk ucapan selamat dan menjaga keamanan agar pelaksanaan ibadah berjalan dengan lancar.

Selain tugas pengamanan lanjutnya, poin lain yang dihasilkan dari pertemuan tersebut yakni tugas penempatan pada tiga titik sekitar lokasi sholat Idul Fitri mulai Pukul 06.00 Wita hingga para jama’ah bubar.

Kemudian membantu pihak keamanan untuk mengatur lalulintas kendaraan dan parkir, membantu menuntun jama’ah lansia ke lokasi sholat dan jama’ah lain yang membutuhkan. Serta mengumpulkan dan membersihkan sampah sisa usai sholat Idul Fitri.

“Untuk memudahkan koordinasi dan monitoring FKUB, setiap titik telah ditunjuk masing-masing koordinator,” terangnya.

Hasil pertemuan tersebut sambungnya, akan segera disampaikan kepada Kepala Daerah dan pihak terkait. Eka berharap, pemuda lintas agama dari perwakilan masing-masing agama Kristen, Protestas dan Hindu tersebut bisa berperan maksimal sesuai tugas yang diamanahkan.

*Ady

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *