Kabar Bima

Peduli Kebutuhan Warga, Dukcapil Layani Administrasi Penduduk di Klinik

285
×

Peduli Kebutuhan Warga, Dukcapil Layani Administrasi Penduduk di Klinik

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Langkah konkrit dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima, dalam melayani pembuatan administrasi kependudukan warga. Tak tanggung – tanggung, Dinas tersebut melayani kebutuhan warga yang sakit dan dirawat di Klinik dr. Agung Kota Bima.

Staf Dinas Dukcapil saat urus KTP dan KK di Klinik. Foto: Bin
Staf Dinas Dukcapil saat urus KTP dan KK di Klinik. Foto: Bin

Adalah Nasraiti, perempuan asal Desa Boke Kecamatan Sape yang berdomisili di Kota Tangerang Banteng kini terbaring sakit di Klinik dr. Agung. Nasriati saat mudik beberapa hari lalu, jatuh sakit dan harus dirawat.

Peduli Kebutuhan Warga, Dukcapil Layani Administrasi Penduduk di Klinik - Kabar Harian Bima

Menurut pengakuan Ismail, orang tua Nasriati, saat jatuh sakit, anaknya dilarikan ke RSUD Bima. Lantaran tidak memiliki kartu BPJS, pasien tersebut ditolak. Nasriati yang mengalami batuk batuk dan sesak nafas kemudian dibawa ke Klinik dr. Agung.

Tapi kendala yang dihadapi sekarang, Nasriati yang hendak mengurus kartu BPJS, tapi belum memiliki KTP Bima.  Sementara ingin mengurus sekarang di Dinas terkait, Pemerintah masih libur.

“Beruntung saat itu, saat saya cerita di keluarga asal Sape yang menjenguk Kepala Dukcapil Kabupaten Bima yang juga dirawat di Klinik, disampaikan lah permasalah yang kami hadapi, dan Kepala Dukcapil siap membantu mengurus langsung di Klinik,” katanya.

Ismail sangat merasa berterimakasih kepada Kepala Dinas Dukcapil. Meski masih terbaring sakit di Klinik, tapi masih sempat sempatnya memikirkan warganya yang juga tengah susah.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Kota Bima, Andi Sirajudin yang masih terkapar di Klinik mengatakan, kondisi yang dialami Nasraiti memantik kepeduliannya. Sebab, apabila tidak dibuatkan KTP, maka Nasriati tidak bisa mengurus BPJS. Sementara biaya pengobatan di Klinik tersebut, tidak murah.

“Saya sudah perintahkan staf untuk mengurus semua kebutuhan KTP dan KK Nasraiti, agar bisa segera dibuatkan BPJS. Staf saya sekarang sudah ada di ruang rawat Nasraiti dan memproses pembuatan KTP Bima dan KK,” katanya.

Diakui Andi, setelah urusan pembuatan KTP dan KK selesai, dirinya juga sudah menghubungi Pimpinan BPJS dan Kepala Dinas Sosial, untuk membantu mengurus.

“Alhamdulillah, mungkin rejekinya ibu Nasraiti, jadi Insya Allah urusan BPJS nya bisa selesai hari ini,” ucapnya.

*Bin