Ini Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Bima 2016

Kabupaten Bima, Kahaba.- Peringatan Hari Jadi Bima tanggal 5 Juli 2016 bertepatan dengan Bulan Suci Ramadan tahun 1437 Hijriah, sehingga acara puncak peringatan kegiatan diundur tanggal 21 Juli 2016. Berkaitan dengan penyelenggaraan Hari Jadi Bima tahun ini, sejumlah acara telah diagendakan.

Bupati dan Wakil Bupati Bima. Foto: Bin

Bupati dan Wakil Bupati Bima. Foto: Bin

Seperti Pawai Budaya dengan tema ‘Menuju Kabupaten Bima RAMAH Berbudaya’ Rabu (20/7) mulai pukul 12.15 Wita dengan titik start dimulai dari ruas jalan Pertigaan Pasar Tente dan Finish di pertigaan Cabang Talabiu.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Kecamatan, Paguyuban Etnis Nusantara, SKPD,  Instansi vertikal serta mitra kerja Pemerintah Daerah dan tiap barisan akan menampilkan atraksi budaya Bima.

Peserta dari 18 kecamatan dan SKPD lingkup Pemkab Bima akan berpawai dengan komposisi yang terdiri dari kelompok atraksi seni budaya seperti hadrah dan jenis kesenian lainnya akan mengiringi pasangan pengantin berpakaian adat Bima Siga, disusul para pejabat eselon berpakaian Siki Lanta dan Topi Pangge Ta’a. Sedangkan staf laki-laki berpakaian putih hitam dan Katente Tembe dan Rimpu bagi staf perempuan.

“Para peserta pawai budaya akan diterima Bupati, Ketua DPRD beserta rombongan pada panggung kehormatan di Pertigaan jalan Raya Tante-Talabiu,” ujar Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, M. Chandra Kusuma.

Keesokan harinya, Kamis (21/7) diselenggarakan Upacara Peringatan Hari Jadi Bima ke-376 pukul 07.30 Wita di Halaman Persiapan Kantor Bupati Bima, di Dusun Godo Desa Dadibou Kecamatan Woha dengan pakaian adat yang sama.

“Setelah upacara, akan dilanjutkan dengan ziarah ke makam Raja-Raja Bima di Kompleks Pemakaman Masjid Sultan Muhammad Salahuddin dan Kompleks Pemakaman Dana Traha,” katanya.

Pada hari yang sama, Peringatan Hari Jadi Bima tahun ini diisi dengan  Sarasehan Nasional yang mengundang 150 peserta dengan tema, ‘Menuju Kabupaten BIMA yang RAMAH, Dengan Kearifan Budaya Lokal’ tanggal 21 Juli 2016 pukul 12.30 Wita di Aula Hotel Mutmainah Kota Bima. Peserta terdiri dari berbagai unsur Pemerintah Pusat, Provinsi, Daerah, masyarakat sipil dan pengusaha.

“Seluruh rangkaian kegiatan akan ditutup dengan Tasyakuran, Kamis (21/7) pukul 19.30 Wita. Tasyakuran diawali dengan haflah Al-Quran dilanjutkan dengan sambutan Bupati Bima. Kemudian Penampilan Gambus As-Syabab Surabaya,” paparnya.

*Bin/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *