oleh

Siswa MAN 2 Ikut Forum Anak Nasional

-Kabar Bima-0 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Siswa MAN 2 Kota Bima Rijalul Rahman (16) terpilih menjadi duta Kota Bima pada ajang Forum Anak Nasional (FAN) yang akan dilangsungkan di Jakarta 23 Juli mendatang. Keberhasilan siswa tersebut berkat prestasi dalam bidang penanaman nilai luhur budaya, nasionalisme dan pengembangan karakter di tingkat sekolah se-Kota Bima.

Rizalul Rahman bersama orangtuanya.
Rizalul Rahman bersama orangtuanya.

“Rizalul Rahman mewakili Kota Bima sekaligus menjadi salah satu duta NTB untuk mengikuti kegiatan FAN. Selain Rijal, juga ada lima rekan dari keterwakilan masing-masing daerah di NTB untuk mengikuti ajang yang sama,” ujar guru Pembina Arif  Ruslin kepada kahaba.net, Senin (18/7).

Sebelum berangkat ke Jakarta, terlebih dahulu enam siswa tersebut mengikuti arahan dan pelatihan dari panitia, selama empat hari sejak 18 hingga 21 Juli di Kota Mataram. Siswa akan diberikan materi dan bimbingan selama karantina, sehingga ketika berada di Jakarta mereka siap secara psikologis dan ilmu.

Seluruh siswa yang mengikuti FAN, kata dia, akan dilibatkan secara  aktif dalam diskusi maupun dialog tentang masalah-masalah yang terjadi pada anak, serta pelanggaran atas hak anak.

“Melalui dialog tersebut, maka akan ada persamaan persepsi dan langkah kongkrit dalam membangun Indonesia khususnya membela dan memperjuangkan hak anak,” katanya.

Sementara itu, Rijalul Rahman mengaku bangga dan terharu karena menjadi utusan dari Kota Bima. Dirinya berjanji akan mengerahkan seluruh kemampuan terbaik dan tampil maksimal.

“Ini tantangan sekaligus motivasi. Sebagai duta NTB saya bersama lima rekan saya akan menunjukkan kemampuan dan penampilan terbaik,” ucapnya.

Memuluskan keinginannya, tidak lupa Rijal meminta doa serta dukungan dari semua pihak. Karena dengan doa dan dukungan, ia dan lima orang rekannya bisa melahirkan ide dan gagasan untuk perlindungan anak. Sehingga melalui Forum Nasional itu, disimpulkan sejumlah item dan akan menjadi keputusan anak bersama secara Nasional untuk Indonesia.

FAN sendiri merupakan organisasi anak yang dibina oleh Pemerintah, melalui Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara Pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.

*Eric

Komentar

Kabar Terbaru