oleh

UKM di Desa Harus Mandiri dan Berkembang

-Kabar Bima-1 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima menggelar Diklat Produk Unggulan Daerah (PUD) dan Akutansi Sederhana Bagi UMKM, Senin (18/7) di Parewa Hotel. Kegiatan tersebut guna mendorong berkembangnya ekonomi kerakyatan, dan kemandirian UKM.

Diklat Produk Unggulan Daerah (PUD) dan Akutansi Sederhana Bagi UMKM. Foto: Noval
Diklat Produk Unggulan Daerah (PUD) dan Akutansi Sederhana Bagi UMKM. Foto: Noval

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima, Hj. Maesarah mengungkapkan, ekonomi kerakyatan harus dibangun dari UKM yang ada di Desa. Karena UKM Desa merupakan ujung tombak peningkatan perekonomian masyarakat.

Para pelaku UKM, menurutnya, harus inovatif dan kreatif dalam menjajakan segala bentuk produk. Bagi UKM yang menggeluti usaha menjahit, harus terus berinovasi dan tampil beda dengan yang lain. Sehingga ada nilai jual tersendiri yang dapat dihasilkan.

“Kalau hasil karyanya baik dan bagus, bisa saja Pemerintah Daerah menjadikan pelaku UKM yang ada memproduksi pakaian untuk para pegawai,” ujarnya.

Dia berharap, UKM yang ada betul betul memanfaatkan anggaran dan pelatihan yang diberikan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima.

”Saya yakin, jika hasil yang diberikan UKM baik secara mutu, maka Pemerintah akan lebih memperhatikan para kelompok UKM di Desa,” katanya.

*Noval

Komentar

Kabar Terbaru