Kabar Bima

Dahlan: Komunikasi Yang Baik, Kunci Pendidikan Karakter

245
×

Dahlan: Komunikasi Yang Baik, Kunci Pendidikan Karakter

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Wakil Bupati Bima Dahlan M. Noer  saat pembukaan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi siswa baru SMAN 1 Bolo Tahun Pelajaran 2016 dan 2017, mengatakan, menciptakan lingkungan sekolah yang baik, maka perlu komunikasi yang baik antara orang jangan ada intimidasi pada guru.

Wakil Bupati Bima saat menyampaikan arahan pada Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) siswa baru SMAN 1 Bolo. Foto: Hum
Wakil Bupati Bima saat menyampaikan arahan pada Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) siswa baru SMAN 1 Bolo. Foto: Hum

“Hari ini hari pertama siswa diantar orang tua, dimana 385 siswa memasuki lingkungan baru di SMAN 1 Bolo. Oleh karena itu, orang tua dan guru diminta untuk saling menjaga komunikasi yang baik dan jangan ada intimidasi pada guru,” ujarnya.

Dahlan: Komunikasi Yang Baik, Kunci Pendidikan Karakter - Kabar Harian Bima

Pada acara dengan tema ‘Perlunya Pendidikan Karakter Di tengah Tantangan Global yang Cenderung Menyeret Moral Pelajar Sebagai Generasi Bangsa’, Dahlan menuturkan, perlu ada komunikasi yang baik dan intensif antara orangtua siswa dan guru agar orang tua tidak menimbulkan rasa segan dalam berinteraksi.

Para guru juga diminta untuk tidak melakukan tindak kekerasan terhadap siswa, menyayangi  dan menjalin komunikasi yang baik dengan anak didik. Penting untuk diketahui bahwa pendidikan karakter memerlukan keteladanan. Dirinya juga mengajak untuk bersama-sama menjauhi dan menangkal hal-hal negarif.

Menutup arahannya, Wabup menegaskan, membangun karakter siswa bukan hanya tanggungjawab guru dan sekolah, tetapi juga tanggung jawab orang tua.

“Mulai sekarang kita harus membangun karakter siswa, dan yang paling penting, guru harus memiliki banyak kecakapan. Guru tidak hanya menguasai bahasa Indonesia, tapi juga perlu menguasai bahasa Asing seperti Bahasa Inggris, arab bahkan Bahasa Cina,” tandasnya.

*Bin/Hum