Wakil Ketua MK Berikan Kuliah Umum di STIKES Yahya Bima

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebuah kehormatan bagi Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Yahya Bima pada Rabu (20/7) pagi. Karena Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia, Bapak Anwar Usman hadir memberikan kuliah umum bagi mahasiswa setempat.

Wakil Ketua MK pose bersama dengan jajaran STIKES Yahya Bima. Foto: Ady

Wakil Ketua MK pose bersama dengan jajaran STIKES Yahya Bima. Foto: Ady

Kuliah umum ini digelar di halaman Kampus STIKES Yahya Bima. Tidak saja melibatkan mahasiswa, tetapi hampir seluruh dosen juga ikut hadir mendengarkan isi materi kuliah dari tokoh nasional kelahiran Bima tersebut.

Tema kuliah umum yang diangkat adalah “Eksistensi Mahkamah Konstitusi Dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia”. Bagi mahasiswa kesehatan, tentu materi ini sangat menarik karena mendapatkan banyak pengetahuan baru dan ilmu berharga dari tokoh yang dibanggakan masyarakat Bima tersebut.

Dalam pemaparannya, Anwar Usman menjelaskan, MK merupakan salah satu pelaku kekuasaan kehakiman selain Mahkamah Agung (MA). Kekuasaan kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan.

Dengan demikian kata dia, MK adalah suatu lembaga peradilan, sebagai cabang kekuasaan Yudikatif, yang mengadili perkara-perkara tertentu yang menjadi kewenangannya berdasarkan ketentuan UUD 1945

Apa saja kewenangan MK? Anwar Usman memaparkan, ada empat hal penting kewenangan MK sebagai Lembaga Yudikatif di Indonesia. Yakni menguji Undang-Undang terhadap Undang-Undang Dasar, memutus sengketa antar lembaga, memutus pembubaran partai politik dan memutus sengketa pemilu.

Pada kesempatan itu, pria dengan ciri khas berjenggot tebal ini mengapresiasi kiprah STIKES Yahya Bima karena sudah mampu membawa alumni menjadi tenaga kerja keluar negeri. Hal ini menjadi catatan prestasi kampus setempat karena belum ada kampus lain yang mampu melakukannya.

“IshaAllah saya siap berkunjung kembali ke Kampus STIKES Yahya bila diundang untuk meresmikan gedung baru disamping ini,” kata Anwar Usman.

Sementara itu, Ketua STIKES Yahya Bima, Yahya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Wakil Ketua MK Republik Indonesia karena bersedia hadir memberikan kuliah umum disela kesibukannya. Menurutnya, kehadiran tokoh penting di Indonesia ini menjadi kebanggaan bagi STIKES Yahya.

“Mudah-mudahan ilmu dari kuliah umum yang disampaikan beliau ini dapat diserap dengan baik dan bermanfaat bagi seluruh mahasiswa maupun dosen,” harapnya.

*Ady

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *