Disbudpar Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Terpadu

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bima (Disbudpar) menggelar pelatihan pemandu wisata terpadu tingkat Kota Bima tahun 2016, di Aula Kantor Walikota Bima Selasa (26/7). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda Kota Bima Zulkifli dan dihadiri sejumlah Kepala SKPD.

Ilustrasi

Ilustrasi

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima, Ihya Ghazali mengatakan, pelatihan tersebut digelar untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pariwisata, dengan materi utama yang diberikan yakni konsepsi pariwisata, prosedur pelayanan prima terhadap wisatawan, teknik dan kode etik pemanduan.

Sasaran dari kegiatan ini adalah guide dan anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) se-Kota Bima dengan total jumlah peserta sebanyak 40 orang.

Asisten II dalam sambutannyanya mengharapkan agar pengembangan pariwisata mendapat dukungan penuh dari seluruh stakeholders pariwisata yang terdiri dari pemerintah, swasta, masyarakat termasuk wisatawan.

Setidaknya ada dua alasan mengapa sektor ini bisa dikatakan potensial. Pertama, Kota Bima terletak di tengah-tengah segitiga emas tujuan Pariwisata Nasional bahkan Internasional, yaitu Bali – Lombok, Komodo, dan Bunaken. Kedua, Kota Bima terletak di tepi teluk Bima yang pemandangannya indah, asalkan bisa dikelola dengan baik.

“Kedua kondisi ini, dan berbagai kegiatan besar yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah, menyebabkan meningkatnya arus kunjungan tamu maupun wisatawan ke Kota Bima,” jelasnya.

Disampaikannya pula, beberapa bulan terakhir ada banyak event besar yang digelar di Kota Bima, mulai dari hari Ulang Tahun Kota Bima, Kunjungan Presiden RI, hingga deklarasi Anti Terorisme yang dilaksanakan pada Minggu yang lalu.

Tentunya ada banyak tamu yang berkunjung ke Kota Bima terkait berbagai event tersebut. Tingginya angka kunjungan tamu ini tentunya menuntut macam-macam pelayanan dan fasilitas yang semakin meningkat baik dalam jumlah maupun ragamnya. Dan tersedianya fasilitas harus didukung oleh tenaga SDM pariwisata yang handal, salah satunya adalah pemandu wisata.

“Kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah untuk menciptakan tenaga pemandu wisata yang handal di Kota Bima,” pungkas.

*Bin/Hum

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *